Tidak Ada Orang Miskin Kalau Presidennya Prabowo?

Oleh : Judiarso Kurniawan

Tanya :
Prabowo kampanye, katanya kalau dia jadi presiden tidak ada orang miskin di Indonesia. Tanggapan eyang bgmn?

Eyang :
Orang miskin selalu ada dimanapun negaranya. Tidak mungkin tidak ada. Itu bagian dari skenario Allah juga. Makanya agama mengajarkan soal sedekah, belajar, tetap semangat dan jangan putus asa dengan rahmat Allah, jangan makan harta anak yatim, dll. Jaman nabi Muhammad atau nabi2 sebelumnya, orang miskin itu ada. Kalau ada capres berjanji bhwa kalau dia jadi presiden maka orang miskin tidak ada, itu riskan dosa dan salah. Dosa karena janji harus ditepati smtr janjinya kelewat berat. Eyang rasa tidak mungkin untuk ditepati karena cuma Tuhan yang bisa menjadikan suatu bangsa tidak ada orang miskinnya. Muncul pertanyaan, cara apa yang dipersiapkan capres itu untuk merealisasikan janjinya? Karena tidak dijelaskan secara gamblang, wajar saja kalau orang punya pikiran sendiri2 untuk menebak jawabannya, misalnya orang2 miskin diculik dan dibunuh, orang2 miskin diusir suruh pindah ke luar negeri, atau orang2 miskin dikasih uang banyak semua. Tapi semua jawaban yg dikira2 itu jika dilakukan oleh capres yang bersangkutan akan menimbulkan masalah baru yang jauh lebih gawat. 

Eyang rasa itu adalah kampanye paling bombastis yg pernah eyang dengar karena tingkat impossibilitasnya untuk direalisir kelewat tinggi bahkan sdh mentok di level tertinggi shg tdk ada celah untuk diwujudkan. Ini orang sepertinya tukang khayal level parah. Belum pernah merasakan jadi pemimpin birokrasi itu sulit mulai level lurah, camat, bupati, sampai gubernur tapi sudah merasa yakin bisa jadi presiden yang terhebat di dunia. Belum ada presiden yg bisa membuat negerinya tidak ada orang miskin lagi.

Bahkan nabi Muhammad juga tidak pernah begitu sekalipun beliau pemimpin umat yg hebat dan super amanah. Tidak mungkin Prabowo lebih hebat. Mustinya dia konsultasi sama cawapres pilihannya yg pernah menjadi wakil gubernur tentang spt apa sulitnya mengelola provinsi termasuk meningkatkan taraf ekonomi warganya. Mustinya dia bisa melihat jelas bahwa cawapresnya mundur dari jabatannya sbg wakil gubernur meninggalkan sejarah kegagalan dalam memberikan warisan prestasi buat warga profinsi yg ditinggalkannya. Bukan hanya itu.

Prabowo musti melihat pada diri sendiri bagaimana kualitas kepemimpinannya sendiri dalam memanage sipil. KMP adalah koalisi yang bukan berada di ranah militer tapi sipil. Pada awalnya KMP adalah koalisi yang gemuk dan kuat. Lucunya, lama2 koalisi itu jadi kempes dan tidak punya power lagi sbg koalisi oposisi karena satu persatu anggota koalisi pada pergi bahkan pindah ke koalisi yang dijadikan oposisi. Ini jelas bukan gambaran bahwa Prabowo adalah pemimpin yang cakap malah justru sebaliknya. Jadi bagaimana mungkin dia sanggup merealisasikan salah satu janji kampanyenya yang kelewat fantastis itu? Nggak usah percaya deh kalau Prabowo bisa menghilangkan orang miskin di indonesia kalau dia jadi presiden sekalipun pake cara menculik lalu dihabisi.

Tanya :
Jadi tidak ada orang miskin di Indonesia itu menurut eyang cuma angin surga saja, eyang?

Eyang : Terserah kamu menyimpulkan bgmn. Yang penting eyang sdh bicara logis dan realistis.

Sumber : facebook  Judiarso K

 
 
 
Monday, August 13, 2018 - 17:00
Kategori Rubrik: