Terima Kasih Refly Harun

ilustrasi

Oleh : Budhius Ma'ruff

Chanel YouTube Prof.Dr. Refli Harun, dengan Nara sumber Sugik Nur yg berdurasi lebih kurang 30 menit itu, sebenarnya biasa2 saja.. Yang dielaborasi dalam diskusi mereka hanyalah isu2 maenstream soal ketidaksenangan mereka pada rezim..

Tidak ada yang aneh jika mereka berdua membangun narasi tidak suka kepada pemerintah.. Sebab keduanya kini dikenal sebagai gerbong barisan sakit hati di mata publik.. Soal inipun, mungkin banyak yg menyangkal nya..

Aslinya tayangan ini, apakah bersifat siaran langsung atau tidak saya tidak tahu.. Namun Refli si pemilik channel, memberikan time code dalam layar videonya..

Pada menit ke 4.30 hingga menit ke 9.00 lebih kurang, Sugik Nur ditanyakan pendapatnya soal kiprah NU saat ini.. Lalu Sugik dengan pede dan santai menjawab dengan sebuah perumpamaan..

Menurut Sugik, NU sekarang ini ibarat sebuah bis yang sopirnya lagi mabuk, kondekturnya teler dan kernetnya ugal2an, sehingga jalan nya bis NU itu skrg ugal-ugalan. Dijelaskan juga sopir mabuk nya itu yaa Ketua Umum PB kH Said Agil Siradj..

Refli sebagai host tidak bergeming dengan penjelasan Sugik yg liar tsb.. Dia bahkan tidak memberi komentar atas penjelasan soal bis yg sopirnya mabuk itu, sebagai off the record. Menurut Refli, semua materi diskusi nya dengan Sugik ini, adalah hak konstitusional warga negara yg dilindungi UU..

Artinya, dalam kacamata Refli, yg profesor hukum, tidak ada yg salah dengan perumpamaan yg disampaikan Sugik Nur.. Aman dan clear.. Begitu kira2 Refli menilainya..
Karena aman dan clear, maka tayangan tsb tidak lagi diedit oleh Refli, dan dibiarkan menjadi konsumsi publik..

Namun kemudian, berkat laporan ujaran kebencian yg disampaikan warga NU, atas video Refli tsb, hasilnya saat ini si Sugik Nur meringkuk di penjara polisi, dengan dugaan pelanggaran UU ITE, dengan ancaman hukum di atas 5 tahun penjara.. 

Ada dua hal yg ingin saya garis bawahi atas peristiwa hukum ini..

Pertama, Saya sampaikan terimakasih kepada Refli Harun, karena berkat Chanel YouTube nya itu, akhirnya si mulut comberan got Sugik Nur ini dapat dipenjara. Selama ini, banyak pihak merasa geram dengan video2 si Sugik yg isinya sebagian besar provokatif menjelek2an Pemerintah, dan cenderung memecah belah umat.. Sugik Nur selama ini seolah selalu lolos dari penjara, atas kasus2 hukum senada yg sering dilakukannya.

Bisa disebut, jika tanpa video nya dengan Refli Harun, si Sugik masih petantang pertenteng diluaran sana..

Yang kedua, Refli Harun, wajib melakukan pembelaan hukum pada narsum nya tersebut selama proses hukum berlangsung.. Dia tidak boleh buang badan membiarkan Sugik, meraung-raung dipenjara sendirian..

Alasannya adalah, karena dalam tayangan tsb beberapa kali Refli menyatakan, bahwa apa yg disampaikan narsum nya semua semata adalah ekspresi kebebasan berbicara warganegara, yg dijamin dan dilindungi oleh UU.. Refli harus konsekuen dengan pernyataan nya tsb, apalagi dia seorang profesor hukum.

Apakah Refli kemudian berpotensi untuk juga terkena UU ITE atas video nya itu, bisa2 saja. Tergantung sudut pandang tim penyidik.

Celah yg bisa ditimpakan kepada Refli adalah membiarkan pernyataan Sugik yg menyebut bhw KH Said Agil layaknya seorang sopir mabuk mengendarai bis NU yg sedang oleng, disiarkan ke publik, tanpa dilakukan proses editing.. Harus nya, pernyataan fitnah dan tendensius merendahkan harga diri seorang Kyai senior NU yg dinyatakan Sugik, dia potong atau disamarkan dalam proses editing..

Ada kesan, Refli sengaja memberi podium ke Sugik Nur untuk menistakan Ketua Umum PB NU tsb, di video channel yg dimiliki Refli Harun..

Jika sudut pandang penyidik linier dengan dugaan saya di atas, maka.tidak menutup kemungkinan Refli Harun juga akan menjadi Tersangka baru, dalam kasus ini..

Dengan demikian Refli berpeluang akan jumpa dengan 8 orang kawan2 KAMI nya,. yg sudah lebih dulu masuk penjara untuk kasus yg lain..

Catatan yg lain, yang tidak penting namun bikin ngakak dari pernyataan Sugik dalam video nya itu adalah, 4 orang nama yg direkomendasikan Sugik sebagai calon kuat Presiden 2024, yaitu Imam Jumbo Rizieq Shihab, ust Abdul Somad, ust Adi, dan ust Tungku Zul...

Sumber : Status Facebook Budhius Ma'ruff

Tuesday, October 27, 2020 - 14:45
Kategori Rubrik: