Tentang PPDB Online

ilustrasi
Oleh : Jim Raka Loak
 
PPDB online DKI Jakarta sudah dimulai. Pembukaan pertama tanggal 12-13 juni adalah jalur inklusi diberbagai jenjang. Temuan sementara di satu sekolah dasar adalah keterangan salah satu panitia PPDB ketika pendaftar jalur inklusi mengajukan berkas pendaftaran.
 
Menurut panitia bahwa sekolah tidak memiliki guru inklusi dan menyarankan untuk mendaftarkan ke sekolah lain yang memiliki guru inklusi. Keterangan dan saran ini membuat kami berpikir : panitia ini sepertinya tidak tahu ada kebijakan bahwa setiap sekolah wajib menerima anak inklusi sebanyak 2 orang dalam rombongan belajar. Atau jangan-jangan si panitia tahu tapi sekolah diam-diam keberatan menerima murid inklusi ?
 
Temuan kedua dalam format pendaftaran online untuk kolom tanggal lahir dan tahun kelahiran murid tidak tercantum. Padahal di format pendaftaran PPDB online tahun ajaran 2018-19 tanggal lahir dan tahun kelahiran tercantum. Yang kedua format kolom asal sekolah juga tidak lengkap. Hanya tertulis sekolah dalam kota. Seharusnya alamat lengkap sekolah. Dengan tidak tercantumnya format kolom tanggal lahir dan alamat lengkap asal sekolah menghilangkan asas transparansi sebab tanggal lahir merupakan rujukan untuk mengetahui usia murid dimana jangan sampai terjadi murid yang lebih muda usianya diterima sementara yang usianya lebih tua justru tidak diterima.
Lalu mengenai alamat lengkap asal sekolah adalah untuk klarifikasi terkait pendaftaran melalui jalur prestasi. Ditengarai banyak sertifikat kejuaraan diduga banyak diperjualbelikan untuk kepentingan pendaftaran melalui jalur prestasi. 
 
Kami khawatir akan mendapat banyak temuan dalam proses PPDB online DKI Jakarta. Karena dengan penerapan sistem zonasi yang tidak sepenuhnya merujuk ke Permendikbud no 51 thn 2018 proses PPDB online DKI Jakarta akan menuai persoalan.
 
Untuk itu kami membuka posko pengaduan PPDB online, saat ini kami membantu murid yang ingin mendaftar melalui online namun masih terbatas. Kami masih beranggapan bahwa sistem zonasi yang diterapkan di PPDB online DKI Jakarta belum tersosialisasi secara optimal kepada masyarakat.
 
Sumber : Status Facebook Jim Raka Loak
Friday, June 14, 2019 - 10:30
Kategori Rubrik: