Telur Palsu Itu Hoax

Oleh: Wahyu Sutono

 

Agar tidak terus menerus menjadi bahan pertanyaan, ada baiknya bila ditegaskan bahwa berita yang akhir-akhir ini beredar tentang 'Telur Palsu' yang diproduksi di Tiongkok adalah hoax alias 'Bohong'. Nampaknya ada yang sengaja membuat keresahan ditengah-tengah masyarakat Indonesia yang mudah percaya dengan berita hoax.

Karenanya pihak Polri sedang menangani kasus ini, dan dimohon warga masyarakat tidak perlu takut atau resah, serta jangan menyebar beritabohong ini lagi. Karena belum ada teknologi yang mampu membuat telur palsu. Adapun telur-teluran yang seperti ada pada video yang beredar adalah untuk mainan anak-anak atau bingkisan umat tertentu.

 

 

Untuk lebih yakinnya, bagi yang masih panasaran, bisa check ke toko mainan anak, bahkan bisa dipesan secara online dengan harga tujuh ribu lima ratus rupiah. Jadi bayangkan dengan harga telur yang hanya seribu lima ratus rupiah saja.

Bila ada argumen dengan ditemukannya telur yang isinya encer, itu artinya telur tersebut sudah lama. Sebaliknya bila dikatakan kuning telurnya kenyal, itu artinya masih baru. Lalu bagaimana dengan adanya kulit tipis di dalamnya? Ya sejak ayam diciptakan, telur unggas memang sudah seperti itu adanya.

Bisa juga.encer atau kentalnya putih telur itu bergantung pada pakan yang diberikan, hingga berpengaruh pada tebal tipisnya cangkang telur. Adapun titik putih itu menandakan telurnya baru. Lalu jika warnanya berubah kemerahan itu pertanda telur sudah lama, bahkan mungkin sudah sempat tererami.

Hal seperti ini sih nggak perlu tanya ke ahlinya. Cukup tanya ke penjual jamu gendong, pasti bisa jelasin telur ayam yang bagus dan yang nggak bagus. Bikin hoax koq recehan sekali.

"Mari Jangan Bosan Melawan Hoax"

 

(Sumber: Facebook Wahyu Sutono)

Thursday, March 22, 2018 - 22:15
Kategori Rubrik: