Tax Ratio 16 Persen

ilustrasi

Oleh : Ditya Danes

Tax ratio adalah prosentase pajak yg terkumpul dibandingkan pendapatan. Tax ratio 16% artinya pajak yg terkumpul sebesar 16% dari pendapatan negara dlm satu tahun. Indonesia saat ini tax rationya sekitar 10%, dibawah tax ratio Malaysia, Philipina, Singapura.

Komponen menghitung tax ratio itu banyak dan kompleks. Salah satunya adalah PTKP (Pendapatan Tidak kena Pajak). Di Indonesia PTKP adalah 54 juta, sedangkan di Malaysia 28 juta. Artinya, kalau ada rencana tax ratio naik 16%, maka salah satu regulasi yg mungkin dilakukan adalah PTKP akan menyasar orang yg bergaji dibawah 50juta/thn. Belum lagi pajak utk industri dan UKM yg tentunya semakin berat. PPH Final yg sekarang utk yg beromset dibawah 4,8M mungkin nanti akan menjadi 2M saja.

Menaikkan 1 -2 % saja tax ratio itu tidak mudah, apalagi dalam jangka waktu pendek. Singapura saja tax rationya hanya sekitar 13%. Di negara maju terutama negara negara Eropa tax ratio sdh mencapai 20% - 40%, tapi sistem pengelolaan dan pemanfaatan perpajakan mereka sdh bgus.

Kemauan utk menaikkan tax ratio 16% itu cukup baik krn pendapatan negara meningkat, walaupun jalannya gak mudah. Tapi ketika usaha menaikkan tax ratio 16% disertai dengan niat korupsi gapapa kalau tidak seberapa, itu seperti sakit maag diobati dengan minum kalpanax

Sumber : Status Facebook Ditya Danes

Sunday, January 20, 2019 - 14:30
Kategori Rubrik: