Tanggung Jawab Akhirat

ilustrasi

Oleh : M Kholid Syeirazi

Saya kirimkan hadiah Fatihah utk para pendiri dan pimpinan NU setiap habis salat. Setiap putusan yang dihasilkan NU selalu menyertakan pertimbangan akhirat. Kenapa Munas/Konbes 2020 ditunda? Tentu saja atas pertimbangan empiris saintis tentang pandemi dan risiko penularannya melalui kerumunan. PBNU mendengar masukan ahli dan kemudian memutuskan menunda perhelatan yang derajat strategisnya di bawah Muktamar.

Yang tidak banyak diketahui umum adalah pertimbangan akhirat. Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil, menyatakan secara terbatas kenapa mendukung penundaan Munas/Konbes. 

Kata beliau, 'Kalau karena acara ini terus banyak yang tertular dan menjadi wasilah meninggal, bagaimana saya bisa mempertanggungjawabkan hal ini di hadapan Allah di akhirat kelak?'

Covid-19 secara burhani terbukti mematikan. Siapa pun yang meremehkan bahaya pandemi ini, alih-alih ikut melakukan upaya درء المفاسد tetapi malah permisif terhadap kerumunan, termasuk atas nama ibadah, dan kemudian terbukti jadi zona merah kelam, bagaimana tanggung jawabnya di hadapan Allah di akhirat kelak? Wallahu a'lam. Semoga Allah melindungi kita semua.

Sumber : Status facebook M Kholid Syeirazi

Friday, May 29, 2020 - 10:15
Kategori Rubrik: