Tanah Air, Negeri yang Ku Banggakan

Oleh : Erizeli Jely Bandaro

Ketika saya berjumpa dengan BMI di luar negeri. Dengarlah katanya ketika saya tanya tentang tanah air. “ Saya kangen simbok. saya kangen kampung“ itu saja.

Saya bisa saja mengganti passport dan menjadi warga negara china atau Canada. Tapi akumulasi kenangan yang buruk dan indah dari perjalanan masa lalu saya tidak mudah dilupakan, sama halnya tentang Indonesia. Yang akan selalu menjadi ingatan tentang masalalu yang heroic penuh darah dan kebanggaan.

Saya berusaha menjelaskan sendiri makna Indonesia itu kepada BMI. Bahwa Indonesia adalah sebuah proyek kebersamaan kita. Sebuah kemungkinan yang menyingsing. Sebuah cita cita yang digayuh generasi demi generasi. Sebuah perjalanan yang kita jalani dengan kelelahan. Tanah air adalah sebuah ruang masa kini yang kita arungi karena sebuah harapan hari esok yang lebih baik. Percayalah. Tapi BMI itu menjawab “ saya kangen simbok tapi saya butuh uang. Nanti kalau tabungan saya cukup barulah saya pulang.

Di kejauhan ribuan mill dari tanah zamrud katulistiwa, airmata mengalir ketika mendengar lagu "Indonesia tanah airku, yang dikarang Ibu Sud :

Tanah airku tidak kulupakan,

Kan terkenang selama hidupku,

Biarpun saya pergi jauh,

Tidak kan hilang dari kalbu.

Tanah ku yang kucintai.

Engkau kuhargai.

Walaupun banyak negri kujalani.

Yang masyhur permai dikata orang.

Tetapi kampung dan rumahku.

Di sanalah kurasa senang.

Tanahku tak kulupakan.

Engkau kubanggakan”.

Kesedihan semakin menjadi jadi karena lagu ini , kini sudah jarang terdengar ditelivisi dan radio. Dia sudah digantikan oleh lagu dengan ritme melankolis ala rock atau popsong, bahkan ada yang mengharamkan lagu dan musik.

Saya tetap bingung dalam kesedihan sambil berusaha tersenyum ketika petugas imigrasi mengecap passport saya dan berkata “ Selamat datang di Tanah Air…” Ya..negeri yang tak kulupakan dan engkau kubanggakan...Terimakasih Tuhan, untuk melembutkan hatiku, mencintai negeriku dan selalu ada harapan...ya sayang

Saturday, February 6, 2016 - 10:45
Kategori Rubrik: