Syariat Islam Sudah Ditegakkan Di Indonesia

Ilustrasi

Oleh : Ahmad Tsauri

Apa syariat yang belum di tegakan dinegara ini? Semuanya sudah. Semua anjuran syariat dapat Anda lakukan, yang perlu difasilitasi, pemerintah bantu, yang perlu diurusi pemerintah buatkan sistem. Dari ibadah, muamalah (aneka bentuk transaksi), munakahat dan hudu jinayat semua ada. Semua terlaksana.

Dalam masalah hudud jinayat. Hukum mati, juga diberlakukan dinegara ini. Qisas dan had jiga diterapkan. Hanya prakteknya saja yang berbeda di moderasi, lebih manusiawi. Penggal diganti tembak.

Apakah praktek hudud jinayat itu harus 100% sama? Tidak, mbah KH. M***** Z***** dalam bukunya juga menyebutkan ulama berselisih pendapat apakah perintah dalam al-Quran dalam masalah hudud dan jinyat itu subtansial, cukup prinsipnya saja, ataukah prakteknya juga harus apa adanya sepeti di al-Quran? Ulama berbeda pendapat. Ada yang mengatakan subtansial ada yang mengatakan sebagaimana lahiriah perintah al-Quran. Misalnya potong tangan, ya apa adanya.

Kalau merujuk kepada pendapat yang mematuhi teks ayat secara lahiriyah. Maka muslim Indonesia tidak berdosa karena kita masuk kedalam kelompok yang tidak mampu melaksanakannya. Jika diterapkan secara formal maka bagaimana dengan agama lain? Kristen, Budha dan Hindu tidak menuntut hak ekslusif yang sama? Bulshit umat Islam bisa menegakan keadilan bagi semua umat beragama. Islam adil tapi tidak demikian dengan umatnya.

Buku-buku yang meneliti penegakan syariat diberbagai negara mengungkapkan ada penyalahgunaan dan banyak pelanggaran didalamnya. Hukum had zina misalnya hanya diterapkan kepada rakyat jelata sementara kalangan ningrat dan eksekutif tidak terkena hukum ini.

Syatiat Islam memastikan keadilan bagi seluruh umat manusia, tapi tidak dengan umatnya. Sepanjang sejarah hanya Rasulullah saw, empat pengganti Rasulullah al-Rasyidin; sayidina Abu Bakar, Sayidina Umar, Sayidina Ustman dan Sayidina Ali. Serta satu lagi Sayidina Umar bin Abdul Aziz.

Jadi dalam konteks negara modern dengan iklim yang postif seperti Indonesia ada umat Islam yang menjual syatiat Islam untuk memenangkan pertarungan politik yang ada. Ketahuilah, siapapun dia ada penipu dan sedang mengelabui umat. Dan catat partai-partai yang menari diatas lagu penegakan syariat jauhi dan jangan dipilih. Mereka sesang menipu.

Ingat Umat Islam pecah barisan pada saat kepemipinan Ali, karena imam Ali oleh kelompok Amr bin Ash dianggap kurang nyari'at. Dan banyak pendukung Imam Ali yang tertipu, terkelabui. Mereka tidak mendengar nasihat Ali, sesungguhnya ajakan mereka menegakan hukum al-Quran (tahkim) adalah perbuatan culas semata. Kata Imam Ali saya tahu mereka sedangkan mempermainkan agama untuk kepentingan mereka.

Sumber : Status Facebook Ahmad Tsauri

Thursday, June 7, 2018 - 19:15
Kategori Rubrik: