Survey Lembaga Apapun, Ahok Juaranya

Ilustrasi

Redaksiindonesia - TAHAPAN pendaftaran Pilgub DKI 2017 dimulai besok, Rabu (3/8), dengan penyerahan dukungan pasangan calon jalur perseorangan.

Sejauh ini, belum ada bakal pasangan calon yang mengumumkan akan mendaftarkan diri dalam Pilgub DKI 2017 melalui jalur perseorangan, setelah petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memilih jalur parpol.

Ahok mengumumkan dirinya maju melalui jalur parpol pada 27 Juli setelah Teman Ahok berhasil mengumpulkan satu juta KTP untuk mendukung dirinya maju melalui jalur perseorangan.

Pilihan Ahok melalui jalur partai sudah sesuai dengan survei yang diselenggarakan Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Survei terbaru LSI menemukan, mayoritas publik atau 53,80 persen responden menerima jika Ahok memilih jalur partai. Hanya sebesar 32,30 persen responden yang tidak setuju jika Ahok maju melalui partai politik, sedangkan 13,90 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu.

Survei LSI tentang Pilkada DKI itu dilakukan 22-26 Juni 2016 menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 440 responden se-Jakarta, serta tingkat kesalahan sekitar 4,8 persen. Pengumpulan lewat tatap muka, wawancara dan penyebaran kuesioner.

Bagaimana peluang menang Ahok? Dalam survei LSI juga ditemukan elektabilitas Ahok masih tinggi, 42,7 persen. Pesaing lainnya ialah Yusril Ihza Mahendra (8,2 persen), Tri Rismaharini (5,2 persen), Sandiaga Uno (3,6 peren), Djarot Saiful Hidayat (1,5 persen), Sjafrie Sjamsoedin (1,2 persen) dan lainnya (1,8 persen), serta yang belum memutuskan (35,8 persen).

Hasil survey LSI tidak berbeda jauh dengan survei opinion leader yang dirilis Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia (LPP UI). Ahok berhasil mengungguli Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dengan nilai rata-rata 79,74 persen. Persentase tersebut jauh meninggalkan Ridwan Kamil yang hanya meraup 38,88 persen, serta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang bertengger di posisi ketiga dengan 38,67 persen.

Media Indonesia

Tuesday, August 2, 2016 - 17:45
Kategori Rubrik: