Surat untuk Mendikbud Muhadjir Effendy

Oleh: Iis Turyanto

(Admin facebook/fan page Info Seputar Presiden)
 
Yang terhormat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Muhadjir Effendy. Saat ini masyarakat banyak sekali yang mengkritisi gagasan full day school atau sekolah sehari penuh yang ingin bapak terapkan. Sebelum menyampaikan gagasan, alangkah baiknya lebih teliti lagi dan juga mempertimbangkan efek yang kemudian akan muncul di masyarakat. Sehingga tidak menuai polemik di masyarakat yang pastinya juga turut dirasakan oleh para siswa dan juga guru dalam kegiatan belajar mengajar saat ini.
 
Indonesia adalah negara besar, bisa dibayangkan apabila sekolah hari penuh tersebut diterapkan. Salah satu contohnya adalah tidak semua siswa mempunyai akses jalan yang memadai ke sekolah, bagaimana dengan mereka yang tinggal di pedesaan ataupun di wilayah perbatasan yang mungkin harus menempuh perjalanan ke sekolah dengan berjalan kaki yang cukup memakan waktu. Bagaimana pula dengan mereka yang mungkin setelah pulang sekolah harus membantu orang tuanya.

Tidak semua sekolah di Indonesia memliki bangunan yang mentereng, contohnya ketika di pedesaan ada sekolah SD yang seharusnya memiliki 6 ruang kelas namun hanya memiliki 5 ruang kelas untuk kegiatan belajar mengajar. Bagaimana dengan sekolah yang memiliki ruangan kelas yang sudah sangat memperihatinkan namun tetap di pakai untuk kegiatan belajar mengajar. Contoh-contoh tadi itulah yang harus mendapat perhatian, bukan sebuah gagasan yang menimbulkan polemik di masyarakat seperti saat ini.

Terimakasih.

(Sumber: Info Seputar Presiden) 

Tuesday, August 9, 2016 - 21:45
Kategori Rubrik: