Sugi Nur Tertekam Mulut Sendiri

ilustrasi

Oleh : Muliadi Dauhiong

Bareskrim Polri menangkap Suri Nur Rahardja atau yang dikenal Gus Nur, karena dianggap menyebarkan ujaran kebencian. Suri Nur ditangkap dini hari tadi di Pakis, Malang, Jawa Timur.

Lidah tak bertulang dan mulutmu harimaumu.
Semua kata-kata yang keluar dari mulut kita itu, dapatkah kita memperkirakan yang lebih banyak keluar dari mulut kita, kebaikankah? Atau malah keburukan? Pantaslah apabila kita renungi setiap perkataan yang keluar dari mulut kita bahkan sudah semestinya kita berhati-hati pada mulut yang memang tidak bertulang tapi tajamnya bisa lebih dari pedang, melukai bahkan membunuh. Karena seperti kita akui bersama, bahwa acapkali kata-kata yang keluar dari mulut kita ini sulit terkontrol.

Peribahasa lainnya mengatakan, mulutmu harimaumu. Sungguh luar biasa mulut kita ini, dia dapat lebih mengaung daripada harimau, menerkam dan membahayakan orang lain dan bahkan diri kita sendiri. Jika tak kita jaga apa yang keluar daripadanya kita akan binasa! Setiap perkataan kita akan dicatat dan diperhitungkan.

Mulut dapat menyeret kita ke dalam neraka, tenggelam dalam kobaran api yang membara, sungguh bahayanya mulut yang tak terjaga, oleh karena kita masih dapat mengusahakan mengeluarkan setiap kata yang baik dari mulut kita ini dan mencegah kata-kata kotor ataupun kasar dari mulut kita. ‘Barangsiapa yang beriman, hendaknya ia mengatakan hal-hal yang baik atau benar’.

Menjaga lisan dari segala macam perkataan karena mungkin ketika kita berbicara kepada orang lain tanpa sengaja kita melukai hatinya. Jikalau begitu pantaslah kita mengatur tutur kata kita, tidak meninggikan suara kita, dan lebih baik diam daripada khawatir tidak bisa menjaga lidah yang tak bertulang ini.

Sumber : Status Facebook Muliadi Dauhiong

Sunday, October 25, 2020 - 13:30
Kategori Rubrik: