Sri Mulyani Kembali Raih Menteri Keuangan Terbaik Dunia

Oleh: Salman Faris

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kembali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik 2018. Penghargaan Finance Minister of the Year, East Asia Pacific itu diberikan oleh majalah Global Markets di sela-sela acara Annual Meeting IMF-World Bank 2018 di Bali.

Global Markets merupakan majalah berita terkemuka di bidang pasar ekonomi internasional yang 30 tahun terakhir telah menjadi salah satu acuan bagi para pelaku dan institusi di sektor ekonomi dan keuangan internasional.

Menurut catatan Global Markets, penghargaan tersebut layak diberikan kepada Sri Mulyani lantaran kiprahnya yang mampu mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang saat ini saat kembali menjabat Menkeu kedua kalinya. Kebijakan dia dianggap kredibel dan efektif.

Dalam sambutannya, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu pun mengungkapkan bahwa salah satu standar penilaian penghargaan itu mengacu pada efektivitas dan kredibilitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Wanita yang sering disepelekan oleh Rizal Ramli ini, sebelumnya juga telah memperoleh beberapa penghargaan seperti Menteri Keuangan terbaik Asia 2006 oleh Emerging Markets Forum di Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF, Singapura 2006. Kemudian Menteri Keuangan terbaik 2006 oleh majalah Euromoney, wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes 2008 dan terakhir ia dinobatkan sebagai Menteri terbaik dunia pada World Government Summit di Dubai pada Februari 2018.

 
Sumber : facebook Salman Faris
Tuesday, October 16, 2018 - 13:45
Kategori Rubrik: