Soal Perlakuan Tidak Etis 02 Pada Pamwal VVIP Capres/Cawapres

ilustrasi

Oleh : Mohammad Monib

Pengamanan Capres dan Cawapres diserahkan kepada Pihak Polri, tadinya dibentuk 4 tim yang masing-masing terdiri dari 3 unit, namun karena Jokowi incumbent pengamanannya tetap menggunakan Paspampres, maka 1 tim dibubarkan.

Tim pengamanan capres/cawapres disebut Satgas Pamwal VVIP, terdiri dari perwira dan bintara.

Setiap unit terdiri dari 1 AKBP yang bertindak sebagai ajudan, jadi masing2 capres cawapres punya 3 ajudan, yang bertugas bergiliran per-minggu. Sementara personel lainnya terdiri dari beberapa AKP dan Brigadir.

Mereka bekerja berdasarkan protap, dan penempatan pun sudah diatur, yang kemaren dimarahi Prabowo adalah seorang brigadir dari kesatuan brimob yang bertugas melekat dengan capres, artinya beliau telah melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur yang ada, perihal kemarahan Prabowo terhadap paspam sangat tidak etis, karena:

1. Pasukan pengamanan bukan anak buah Prabowo, Probowo atau timnya tidak bisa memerintah seenaknya, karna menyangkut protap, seharusnya bicara dengan atasan Satgas Pamwal VVIP tentang bagaimana keinginan Prabowo dalam hal pengamanan.

2. Tidak etis menegur pasukan Pamwal VVIP yang tengah menjalankan tugas sesuai protap. Karna Angggota Pamwal VVIP harus disiplin melaksanakan tugas sesuai protap, karna terkait keamanan dan keselamatan capres/cawapres.

3. Para anggota Pamwal VVIP tersebut telah mewakafkan hidupnya demi keselamatan capres/cawapres, dengan nyawanya sebagai taruhannya. Seharusnya Prabowo bisa mengapresiasi kerja mereka, bukan sebaliknya melecehkan kewibawaan mereka dan korps kepolisian.

4. Dan yang paling tidak etis adalah timnya Prabowo menyuruh Pamwal VVIP Capres meminta maaf kepada publik, seolah-olah mereka salah padahal itu untuk menutupi reputasi Prabowo yang buruk. Dan tidak seharusnya anggota tim Pamwal VVIP memberikan pernyataan apapun, karna dalam prosedurnya yang boleh memberikan pernyataan hanya kepala Satgas Pamwal VVIP yang Berpangkat Jendral Bintang 1.

#EmpatiUntukPamwalVVIP#

Sumber : Status Facebook Mohammad Monib

Thursday, March 14, 2019 - 07:45
Kategori Rubrik: