Soal Masker

ilustrasi

Oleh : Mimi Hilzah

Berminggu-minggu yang lalu, masker kain dipertanyakan kegunaannya. Saya ingat pergi bertanya ke beberapa tenaga medis, bagaimana pendapat mereka. Sebagiannya bilang tidak efektif, sebagiannya setuju sebagai pengganti masker bedah yang semakin mahal dan langka. Saya pun menyaksikan sendiri saat membawa Ocan ke dokter, di sebuah rumah sakit swasta sebagian perawat menggunakan masker kain.

Maka saya buatkan tutorialnya dan sekarang pun masih menyicil menjahit masker kain untuk dibagikan gratis. Saya tidak peduli kalaupun ada yang mencemooh dan tetap ingin menyimpan impian bisa membeli masker bedah sesuai standar. Apa yang harus dikerjakan sekarang, kerjakan saja daripada menunggu sesuatu yang tidak pasti.

Kakak saya yang menjual alkes pun sebelumnya mendebat saya soal masker kain tidak mampu mencegah virus. Saya katakan, saya pakai kain yang tebal dan saya beri celah lapisan di dalamnya jika diperlukan menambah lapisan tisu. Kemarin si kakak justru mengirim pesan yang panjang, mewanti-wanti agar saya tak lepas menggunakan masker kain. Masker bedah mulai datang lagi stoknya tapi hanya khusus disalurkan ke rumah sakit.

Belakangan, saya melihat driver-driver ojol mulai abai menggunakan masker. Orang-orang pun mulai melonggarkan diri untuk berkumpul-kumpul, berkeliaran di jalan walau tak punya urusan yang sangat penting. Para penggiat sepeda bersepeda beramai-ramai untuk memperoleh manfaat kesehatan tapi lupa bahwa satu-satunya peluang kita melawan virus ini adalah menjaga jarak demi memutus penyebarannya.

Halo kalian semua. Yang masih punya banyak cita-cita dan impian, dan yang masih ingin jauh lebih lama memeluk keluarga. Ingin melihat anak-anak kalian tumbuh besar dan menikah, menimang cucu.

PAKAI MASKER DAN TETAP JAGA JARAK. Kalian masih punya banyak waktu dan kesempatan untuk bersosialisasi pun mengerjakan hal-hal yang kalian suka setelah urusan wabah ini mereda.

JANGAN EGOIS. MARI SALING MENJAGA.

Sumber : Status Facebook Mimi Hilzah

Monday, April 6, 2020 - 09:30
Kategori Rubrik: