Situ Sehat , Bapak?

Oleh : Denny Siregar

Ramadhan itu disebut bulan Suci..

Kenapa suci ?

Karena inilah terminal penyucian bagi manusia yang sudah merasa berkarat akan dosa2. Karena itulah sucikan diri melalui perbuatan baik kepada manusia lain. Itulah makna yang dalam di bulan puasa ini.

Tetapi bagaimana anda bisa menyucikan diri, wahai penguasa, ketika anda menyakiti hati orang kecil yang sedang berjuang untuk mendapatkan sedikit kelebihan dalam bulan suci ini ?

Kenapa mereka yang hendak menangguk sedikit keuntungan dibanding bulan biasa, anda perkosa ? Bukankah seharusnya anda memberi mereka kesempatan sebagai bagian dari usaha anda mensucikan diri ?

Bagaimana perut anda bisa suci ketika hati anda kotor ? Bukankah puasa itu masalah hati, bukan masalah perut dan tenggorokan ?

Seharusnya mereka yang sedang berjuang untuk mendapatkan sedikit keuntungan di bulan suci ini anda fasilitasi. Murahkan daging karena mereka juga ingin makan daging di bulan ini. Obralkan pangan karena itu membantu mereka dalam menyambut puasa ini. Tebarkan rezeki kepada mereka supaya mereka menyambutnya dengan riang gembira dan berdoa supaya anda dimudahkan dalam membersihkan karat dosa.

Bukannya malah me-razia mereka, menyakiti mereka dan lebih menekan mereka dibanding bulan biasa...

Situ sehat, bapak ?

Lebih baik siang ini seruput kopi, karena sama saja anda di hari biasa dan di bulan suci tidak ada pengaruhnya.. kecuali lapar dan dahaga saja.** (ak)

Sumber : Facebook Denny Siregar

Sunday, June 12, 2016 - 06:00
Kategori Rubrik: