Sikap Rasul Saat Ada Orang Kencing Didalam Masjid

Ilustrasi

Oleh : Ahmad Sarwat

Kisah Arab dusun yang kencing sembarangan dalam masjid amat terkenal sekaligus inspiratif, memuat banyak sekali pesan moral, bukan hanya urusan fiqih dan hukum

Ketika si arab dusun masuk masjid lalu kencing sembarangan, sontak para shahabat ramai-ramai melarang bahkan siap memukulinya saat itu juga. Sebab ini pastinya sebuah kemungkaran di depan mata.

Tapi coba perhatikan apa yang dilalukan Nabi SAW?

Pertama, Beliau biarkan si orang dusun itu menyelesaikan kencingnya yang belum kelar. Sebab kalau didorong misalnya, kencingnya malah muncrat koprat-kapret kemana-mana

Kedua, Beliau larang para shahabat menghujatnya. Karena percuma saja ngajarin orang dusun yang lagi kebelet, akalnya separo tidak bekerja, lebih dikuasasi emosionalnya.

Ketiga, Beliau minta diambilkan seember air dan sirami di bekas kencingnya. Ini solusi biar orang lain tidak terkena najisnya.

Keempat, Beliau memberi nasihat dengan pendekatan lain dari biasanya. Namanya saja orang dusun, paradigma berpikirnya pasti beda.

Lingkungannya sejak kecil mencetak pola pikirnya yang sederhana, kayak kencing sembarangan di tempat ramai itu dianggap biasa aja, normal dan wajar dalam pikirannya. Memang di kampungnya semua orang begitu adanya.

Mengubah paradigma macam ini butuh kerja ekstra, karena bagian dari menaikkan level sebuah peradaban.

PESAN :

1. Mencegah kemungkaran itu tidak sesederhana yang kita kita. Tidak cukup cuma bilang : jangan, tidak boleh, haram, bid'ah dst.

2. Mencegah kemungkaran itu jangan sampai menimbulkan kemungkaran baru. Kalau begitu sama juga bohong, karena kita cuma gali lobang tutup lobang. Pindah dari rentenir A ke rentenir B, tapi tetap rentenir juga.

3. Tiap orang punya paradigma berpikir yang berbeda, terganting di peradaban mana dia dibesarkan. Mencegah kemungkaran adalah kerja menaikkan level peradaban seseorang. Dan itu bukan semua bilang : awas, haram!!!.

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat, Lc.,MA

Monday, December 10, 2018 - 09:45
Kategori Rubrik: