Sikap dan Pandangan Din Syamsuddin Soal Reuni 212

4. Dalam pandangan saya, izzul Islam wal Muslimin di Indonesia perlu dicapai melalui perjuangan strategis  mengembangkan infrastruktur kebudayaan umat Islam. Maka diperlukan karya2 nyata dlm meningkatkan mutu kehidupan umat Islam dlm berbagai bidang.
 
5. Maka oleh karena itu, perlu ada langkah strategis yg lebih menekankan praxisme keagamaan dari pada menampilkan mob populisme keagamaan.
 
6. Masalah yg dihadapi umat Islam di Indonesia adalah masih adanya kelemahan infrastruktur kebudayaan dlm berbagai bidang seperti ekonomi, pendidikan, informasi. Maka, perjuangan yg relevan saat ini adalah mengatasi permasalahan tsb. Semua sumber daya sebaiknya diarahkan utk memperbaiki aspek2 kebudayaan tadi. Oleh karena itu, saya menyarakankan utk mengubah strategi dari al-jihad lil mua’radhah (perjuangan melawan/struggle against) ke al-jihad lil muwajahah (perjuangan menghadapi/struggle for). Inilah yg saya maksud perjuangan umat Islam lebih baik mengambil bentuk orientasi praksisme (karya2 kebudayaan) dari pada orientasi  populisme (kerja2 kerumunan).
 
Sumber : pwmu.co

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *