Setelah 28 Tahun Dibangun, Akhirnya Monumen Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali Diresmikan Presiden Jokowi

Oleh : Muhanto Hatta

Setelah 28 tahun dibangun, akhirnya Monumen Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali diresmikan malam ini oleh Presiden Jokowi. Langit di atas GWK pun dihiasi kembang api.

Bangga jadi Warga Negara Indonesia. Rasa itulah yang timbul saat menyaksikan patung Garuda Wisnu Kencana setinggi 121 meter yang merupakan patung tertinggi ketiga di dunia setelah The Spring Temple Buddha di China dan The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar ini diresmikan Presiden Jokowi hari ini. Patung GWK yang memiliki berat 3.000 ton ini tingginya melebihi patung Liberty di New York, Amerika yaitu 93 meter. Dengan ketinggian yang seperti itu, patung GWK akan terlihat dari Pantai Kuta Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Keren sekali khan.

Proses pembuatan patung GWK ini sendiri memakan waktu kurang lebih 28 tahun. Di antara era Soeharto selaku presiden yang memberi restu dan Jokowi selaku presiden yang meresmikan, Indonesia pernah dipimpin oleh BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono. Lengkap boooo…… minus Presiden Soekarno tentunya. Simak penjelasan beserta foto-fotonya dalam artikel ini.

Bali bangga. Indonesia bangga punya anak-anak bangsa yang kreatif, tekun dan gigih berkreasi seperti ini. Di era Jokowi, patung GWK bisa tegak berdiri dengan sempurna menghiasi pulau Bali.

Tiba-tiba aku jadi teringat pada kaum yang merasa paling suci dan paling benar sendiri yang sangat anti terhadap patung-patung seperti ini. Solusinya mudah, silakan tutup mata saat lewat GWK. Jangan dilihat. Jangan banyak omong yang aneh-aneh. Sederhana sekali bukan (wink). #ILoveBali#JokowiLagi

 

Sumber : facebook Muhanto Hatta

Sunday, September 23, 2018 - 13:15
Kategori Rubrik: