Sesat Logika Argumentum Verecundiam

ilustrasi
Oleh : Nurul Indra
 
Komentar ampe 9 kali d tempat Alto Luger yang lagi bahas orang yang bahas jurnal. Dihapus terus. Salah komentar gw d mana sih? Kalo ga bisa jawab, atau takut pengikutnya pd gabisa jawab, kan gw juga ga bakal maksa.
Apa perlu gw komen yg ke 10 biar dapat payung cantik?
Argumentum ad verecundiam itu artinya :
Sesat pikir dimana nilai penalaran ditentukan oleh keahlian atau kewibawaan orang yang mengemukakannya. Jadi suatu gagasan diterima sebagai gagasan yang benar hanya karena gagasan tersebut dikemukakan oleh seorang yang sudah terkenal karena keahliannya.
Sikap semacam ini mengandaikan bahwa kebenaran bukan sesuatu yang berdiri sendiri (otonom), dan bukan berdasarkan penalaran sebagaimana mestinya, melainkan tergantung dari siapa yang mengatakannya (kewibawaan seseorang).
Argumentasi ini mirip dengan argumentum ad hominem, bedanya dalam argumentum ad hominem yang menjadi acuan adalah pribadi orang yang menyampaikan gagasan (dilihat dari disenangi/ tidak disenangi), maka dalam argumentum auctoritatis ini dilihat dari siapa (posisinya dalam masyarakat/ keahlianny\a/ kewibawaannya) yang mengemukakan.
 
Sumber : Status Facebook Nurul Indra
Wednesday, September 23, 2020 - 09:15
Kategori Rubrik: