Server KPU Yang Kabarnya Di Hack

ilustrasi

Oleh : Irwansyah Saputra

Tagar observer SOS kaya gitu buat apaan sih sebenernya?
Gw praktisi IT aja ga faham lagi pada ngapain itu sebenernya...

Kalo trending tu tagar, trus mau apa? Mau suruh hacker dari rusia, internasional buat jagain server KPU? Lah... Buat jagain server KPU juga ya harus masuk dulu ke sistemnya, alias ya harus dibobol dulu sistemnya. Ya di hack juga dong artinya. Trus klo udh d hack, data didalamnya malah dijual? Gimana?

Server KPU itu klo ga bisa diakses bukan berarti dia di hack... Bisa jadi karena down aja. Down itu artinya trafik/kunjungan yg masuk ke server itu terlalu banyak sehingga server ga kuat buat load data nya.
Ibaratnya lu punya komputer, trus buka corel, Photoshop, 3ds max, android studio, browser secara bersamaan.. nge lag pasti komputernya. Apalagi server KPU yg akses dari seluruh Indonesia, blm lagi orang luar yg juga penasaran dgn hasil perhitungan suaranya..

"Loh masa server KPU disamain dgn komputer rumah? Kan biaya beli server nya mahal!!"

Disini, gw g bisa komentar banyak karena gw jg ga tau spesifikasi server punya KPU. Gw hanya bahas sebab kenapa server bisa down..

Segala juga ada yg ss tampilan seakan2 lagi bantu lindungin server KPU.. mana ada coba. Klo pun ada, yg paling berhak ss tampilan itu adalah tim ahli IT dari KPU lah bukan dr eksternal.. kadang pgn ketawa aja, tampilan monitornya kek serem2 gitu warna item hijau stabilo ky di film2 hacker, trus d upload di medsos yg temen2nya banyak yg ga faham ttg hal begituan. Trus dipercantik dgn caption, dan banyak yg share... Padahal mah itu ga tau lg ngapain sbnrnya.. kali aja lg install linux ubuntu.. atau buka CMD trus ketik tree, lalu ketik exit..

Jadi, Kalo mau waspada ya boleh aja. Khawatir ya boleh aja. Tapi dilandasi dgn ilmiah, reasonable dan argumentatif. Juga kalo ga ngerti tanya sama ahlinya, atau org yg mumpuni dlm bidang itu.

Yg kalian share itu kan mewakili tingkat kecerdasan diri kalian...

Lagi pula kalo copas tagar berjuta kali pun tetep aja diitung satu. Itupun klo diitung, coba kalo robot FB mengindikasikan adanya kegiatan spam dan dianggap akun robot, bisa dibanned. Eh nanti dibanned, nyalahin FB nya...

*Klo ada yg mau nanya2 tentang server, keamanan sistem dan lainnya. Silakan saja gw bersedia buat jawab klo bisa.

*ambil hikmahnya aja, dari kejadian ini kita dipaksa untuk cari tau. alhamdulillah Allah masih berikan kita pemahaman yg baik. Ga usah saling nyela.

*Gambar dibawah ini adalah contoh gambar yg benar namun narasinya salah. Alias hoax. Gambar ini hanyalah visualisasi dari serangan ke server. Bukan visualisasi serangan ke server KPU. Bukan...
Liat aja sumbernya disini
https://geekflare.com/real-time-cyber-attacks/

Sumber : Status Facebook Irwansyah Saputra

Friday, April 19, 2019 - 11:15
Kategori Rubrik: