Serba Susah Atur Indonesia Ini

ilustrasi

Oleh : Muhammad Jawy

Menghadapi krisis seperti ini sepertinya model pemerintahan otoritarian seperti Tiongkok lebih cepat menangani krisis, selama upayanya serius. Negeri demokrasi seperti Italia, Spanyol, Prancis, pun menarik tuas darurat dengan aturan sangat membatasi kebebasan warganya, untuk sementara waktu.

Nah menjadi masalah Indonesia kita ini, otoritarian bukan, demokrasi juga masih jauh dari ideal, masih banyak warga yang ngeyelan, pejabat yang malas bekerja, menggampangkan masalah. Tapi kalau ditakutin dikit, langsung panik dan bikin kacau, panic buying, nimbun, jualan dengan harga selangit.

Bener-bener sakit kepala berat urusan sama warga +62 ini.

Yang mau berjuang meredam situasi ini sebenarnya juga banyak, ada beberapa inisiatif warga untuk saling memberi informasi yang jelas tentang situasi terkini, ada yang mengumpulkan dana bantuan, ada yang menyaring kabar bohong.

Masalahnya memang sifat virus ini sangat nggragas, cepat sekali menular, banyak orang baik, bisa kalah oleh sedikit orang bodoh dan ngeyelan.

Namun apakah kita akan menyerah? Lha wong para dokter dan perawat di barisan paling depan dengan risiko infeksi paling tinggi, mereka tetap berani mempertaruhkan nyawanya menangani pasien corona.

Mari kita berkolaborasi, dan jangan sampai kita berada di barisan pengkhianat bangsa.

Sumber : Status Facebook Muhammad Jawy
 
Saturday, March 21, 2020 - 09:45
Kategori Rubrik: