Sepeda Dikenakan Pajak Itu Hoax

Oleh: Wahyu Sutono
Entah siapa yang memulai menyebarkan berita yang mengatakan bila pemerintah melalui Kementerian Perhubungan berwacana akan mengenakan pajak bagi pemilik sepeda, menyusul semakin maraknya masyarakat perkotaan yang hobby bersepeda.
Konyolnya lagi ada elite politik seperti halnya Fadly Zon, lalu seleb medsos, serta beberapa media daring yang mewartakan hal tersebut tanpa klarifikasi terlebih dahulu kepada Kementerian Perhubungan, sehingga sempat mengejutkan masyarakat luas. Memangnya negeri ini akan kembali seperti era orde baru yang mengenakan pajak untuk sepeda?
Jadi jelas ini berita bohong yang menyesatkan, karena berita tersebut adalah ngawur bin ngaco. Yang benar adalah Kementerian Perhubungan sedang menyiapkan regulasi untuk mendukung keselamatan pesepeda.
Hal tersebut terkait dengan masa transisi adaptasi kebiasaan baru masyarakat dengan adanya peningkatan pesepeda terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Oleh karenanya regulasi ini nanti akan mengatur hal-hal seperti alat pemantul cahaya bagi para pesepeda, jalur sepeda serta penggunaan alat keselamatan lainnya oleh pesepeda.
Mengingat animo masyarakat yang sangat tinggi harus dibarengi dengan perlindungan terhadap keselamatan pesepeda, dan karenanya mendorong pemerintah daerah mengatur penggunaan sepeda ini minimal dengan menyiapkan infrastruktur jalan maupun ketentuan lain yang mengatur khusus para peseda di wilayahnya masing-masing.
Berhentilah Asbun, rakyat sudah lelah..
(Sumber: Facebook Wahyu Sutono)
Wednesday, July 1, 2020 - 20:45
Kategori Rubrik: