Semua Sudah Berakhir

ilustrasi

Oleh : Agung

Hari ini Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto bersalaman dan berpelukan yg menandai berakhirnya pertikaian sengit kedua kubu cebong dan kampret saat pemilu kmrn.

Momen ini mirip seperti momen iconic dalam sejarah Indonesia sendiri, dimana di tahun 1949 dulu presiden Sukarno pernah memeluk erat jenderal besar Sudirman yg saat itu masih marah dengan presiden Sukarno.

Kemarahan jenderal besar Sudirman di mulai karena pada tahun 1948 presiden Sukarno gak mau berperang dengan Belanda, sebaliknya jenderal besar Sudirman maunya perang total dengan Belanda sampai Indonesia bisa merdeka sepenuhnya.

Dan terbukti nantinya walaupun presiden Sukarno adalah founding father kita yg paling cerdas dan visioner tapi keputusannya untuk gak berperang dengan Belanda adalah keputusan yg salah, yg justru membuat dirinya di tawan Belanda dan membuat Yogyakarta jatuh ketangan Belanda. Karena sikon inillah akhirnya jenderal besar Sudirman harus beperang hebat yg mengakibatkan banyak korban jiwa dari kalangan tentara rakyat untuk merebut Yogyakarta kembali dan membebaskan Sukarno yg di tawan Belanda.

Karena sebab inilah jenderal besar Sudirman saat itu sangat marah dengan presiden Sukarno, tapi pada akhirnya walaupun masih marah jenderal besar Sudirman masih mau menemui presiden Sukarno di gedung agung Istana Yogyakarta pada tanggal 10 Juni 1949. Dalam pertemuan ini jenderal besar Sudirman tampak diam dan kaku karena masih marah, tapi cepat2 presiden Sukarno memeluknya yg nantinya menjadi salah satu photo legendaris dalam sejarah indonesia yg menggambarkan persatuan dua orang tokoh pemimpin nasional yaitu presiden Sukarno dan jenderal besar Sudirman.

#btw: sebenarnya photo legendaris resmi yg beredar adalah photo ulangan, karena saat pelukan pertama gak sempat kepoto, sehingga adegan photo ini di ulang sekali lagi biar bisa kepoto, hal ini penting di lakukan agar ada bukti kuat tidak ada perpecahan antar para bapak pendiri bangsa ini. Dan memang dari photo inilah nantinya semua elemen nasional indonesia terutama tentara rakyat yg berjuang dengan senjata dan para politikus yg berjuang di jalur diplomatik bisa bahu membahu untuk memerdekakan indonesia secara penuh... semoga saja pelukan Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto memiliki efek persatuan yg sama.

Sumber : Status Facebook Agung

Sunday, July 14, 2019 - 17:45
Kategori Rubrik: