Semua Mantan Itu Indah

ilustrasi

Oleh : Agoes Ibrahim

Sudah 2 hari bahkan hari ini akan jadi hari ke 3 secara berturut-turut saya bolak-balik Blitar-Malang mengantar adik saya yang persiapan operasi di RSSA.
Lantaran ga ada waktu luang, maka semua anabul (anak yang berbulu), saya kasih makanan yang praktis saja : dogfood pabrikan.
Selama ini saya selalu campur dogfoodnya dengan nasi plus ampela hati, leher ayam, telur dll.. namun kali ini murni dogfood karena sudah tak ada waktu lagi selain badan juga capek.

Nah, ada satu anabul bernama Bella yang tak suka dogfood. Dia sukanya makan ayam penyet plus sambal dari cafe Borobudurnya bu Sri. Jadi tiap malam saya kudu beliin dia ayam penyet plus kremesnya.. 
Kalau pagi dia makannya nasi dan telur saja.

Mengapa saya begitu peduli dengan si Bella ?
Bella itu nama mantan zaman saya kuliah dulu..
Dia orangnya baik banget. Saya nya yang ga baik. Jadi untuk menebus dosa, saya rawat dan sayangi si Bella dalam wujud anabul dengan sebaik-baiknya..

Ada lagi si Helen yang manja, Joy yang cantik jelita, Linda atlit basket dll... semua nama ini saya sematkan pada anabul. Mereka ga tahu karena sudah puluhan tahun ga ada kontak dengan saya. Tapi kalau yang masih ada pertemanan di fb, jelas nama anabulnya takkan saya sebutin di sini.. takut ntar di report ke cak Mark .. 

Saya merawat mereka dengan penuh kasih sayang bukan melulu lantaran dulu saya menjahati mereka loh...
Ada juga yang saya dijahati. Dikhianati... tapi saya tetap mengasihinya dalam wujud anabul. Orang Manado bilang, "biar lei ngana bahugel, qt mo tetap sayang pa ngana..." 

Bagaimana dengan anabul yang cowok ??
Semua nama yang saya berikan, ada sejarahnya..
Ada husky super galak yang sudah membunuh 2 anabul kecil kesayangan saya.
Waktu membelinya, si pemilik lama sudah kasih tahu saya bahwa si husky ini temperamental. Deal.. saya beli dia dan saya kasih nama Aston. Memang sih, ga sesuai dengan nama aslinya yang ada di buku stambom.

Mengapa saya kasih nama Aston ? Itu potongan dari nama baptis teman SMA yang sedikit saya plesetkan. Teman ini waktu SMA ga berani berantem dengan saya. Jadi suatu hari dia ajak 3 orang temannya untuk mengeroyok saya sampai saya babak belur. Beberapa hari kemudian, saya hajar dia di sekolah. Eh.... esoknya dia dan teman-temannya hadang saya di jl. Kanginan. Saya dikeroyok lagi sampai tergeletak dalam got.

Kebencian saya terhadapnya selama puluhan tahun saya ubah dengan mengasihi dia dalam wujud anabul. Tiap hari saya bersihkan kotorannya yang di kandang. Saya mandiin dia. Saya cintai dia dengan sepenuh hati..

Suatu hari kelak, bila sudah waktuNya saya berjumpa dengan Anton..eh..Aston yang asli, saya akan peluk dia dan bilang, "saya sangat mengasihimu dan tak ada lagi dendam diantara kita.."

Selamat pagi...
"Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.."

Sumber : Status Facebook Agoes Ibrahim

Friday, August 7, 2020 - 22:15
Kategori Rubrik: