Selamat untuk Pak Prabowo

Oleh: Sumanto Al Qurtuby
 

Dari Jazirah Arab saya mengucapkan selamat kepada Pak Prabowo karena jagonya (sepertinya) menang dalam Pilkada DKI. Warga Jakarta sepertinya lebih mirip dengan warga Amerika yang memilih Trump ketimbang warga Belanda yang menolak "si rasis" Wilders. Tapi itulah dunia politik: "idealisme" tidak selamanya berbanding lurus dengan "realisme".

Selain Pak Prabowo, saya juga mengucapkan selamat kepada jamaah Mamat dan Mimin karena setidaknya telah "mengantongi tiket" surga ditambah dengan bonus-bonus lain: Rumah 350 juta DP 0%, subsidi 3 M / RW, ditambah ojek terbang lagi. Pokoknya Mamat-Mimin pasti heppii dunia-akhirat.

 

Kepada Bu Mega, tidak perlu berkecil hati dan ngambek meskipun jagoannya (untuk sementara) kalah. Demikian pula dengan timses dan fans, tidak perlu meratapi kekalahan. Biasa-biasa sajalah. Kita harus suportif. Sebagai seorang demokrat (meskipun bukan Partai Demokrat), saya mendukung siapapun yang pada akhirnya dipilih oleh mayoritas rakyat. Itu adalah konsekuensi demokrasi.

Kalah-menang dalam berpolitik adalah hal lumrah. Saya berharap, setelah Pilkada Jakarta ini tidak ada lagi politisasi masjid, tidak ada lagi serangan-serangan bernuansa SARA yang memalukan, tidak ada lagi manipulasi-manipulasi agama untuk kepentingan duniawi, tidak ada lagi etnosentrisme, dan seterusnya.

Ayo Ahoker salaman dengan Anieser. Kita doakan sama-sama semoga gubernur-wakil gubernur Jakarta yang baru nanti bisa mewujudkan janji-janji mereka selama kampanye, bisa membawa warga DKI menjadi lebih makmur, serta mampu mengantarkan Jakarta menjadi lebih oke di masa mendatang.

Salam Perdamaian!

 

(Sumber: Facebook Sumanto Al Qurtuby)

Wednesday, April 19, 2017 - 19:00
Kategori Rubrik: