Selamat Tinggal US Dollar

Ilustrasi

Oleh : Fadjroel Rahman

Tidak banyak diberitakan dan tidak banyak yang tahu, bahwa Indonesia telah mengajak Thailand dan Malaysia untuk meninggalkan US Dollar dalam perdagangan 3 negara. The next level of ASEAN Economic Community
Indonesia melalui Bank Indonesia menggandeng Bank of Thailand dan Bank Negara Malaysia untuk menerapkan sistem Local Currency Settlement, sebuah framework untuk lepas dari ketergantungan pada US Dollar dalam transaksi ekspor impor ketiga negara. Dan ini sudah dimulai pada 2 Januari 2018.

Artinya apa?

Transaksi ekspor impor ketiga negara yang selama ini selalu menggunakan US Dollar kini akan langsung konversi dari Rupiah, Ringgit dan Baht tanpa lagi harus membeli US Dollar.

Hal ini diyakini akan cukup signifikan menekan kurs US$ Dollar dan mengefisienkan transaksi mengingat nilai rata2 transaksi perdagangan ketiga negara mencapai US$1,2 Triliun per tahun atau setara 50 persen dari total perdagangan di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Yakinlah apa yang negara ini lakukan dalam senyap jauh lebih menakutkan bagi USA daripada seruan boikot produk Amerika .
#01JokowiLagi #01IndonesiaMaju #01JokowiMembangunndonesia
--
Saya membacanya di GNFI, yuk lihat: Indonesia, Malaysia, Thailand Sepakat Tak Lagi Gunakan Dolar AS untuk Perdagangan. Ini Manfaatnya https://www.goodnewsfromindonesia.id/…/indonesia-malaysia-t…

Sumber : Status Facebook Fadjroel Rahman

Thursday, January 3, 2019 - 12:45
Kategori Rubrik: