Selamat Jalan Mbah Maimoen

ilustrasi

Oleh : Fahd Pahdepie

Hari ini bangsa Indonesia berduka. Telah berpulang salah satu putera terbaiknya, KH. Maimoen Zubair, Mbah Moen, di Makkah al-Mukaramah, pada usia 90 tahun.

Sungguh kepergian yang indah, yang patut kita tangisi dengan perasaan cemburu. Seorang hamba Allah yang saleh, yang mulia berkat ilmu dan keteladanannya, dipanggil pulang saat beliau datang memenuhi panggilan Tuhannya untuk berhaji.

Sungguh kepergian yang memilukan, sebab wafatnya seorang ulama adalah bencana luar biasa bagi sebuah bangsa, dan satu kehilangan yang tak tergantikan. Laksana bintang yang padam, kita kehilangan satu cahaya.

Mbah Moen mengajarkan kepada kita semua betapa keluhuran ilmu tak membuatnya besar kepala. Betapa keagungan adalah tentang mulianya akhlak. Betapa kemewahan sejati adalah melihat ilmu yang diajarkan terus mengalir, sampai jauh, menerangi sudut-sudut negeri... Menjadi berkah untuk sesama.

Selamat jalan, Mbah Moen. Segala doa terbaik mengalir untuk engkau yang mulia. Kematianmu yang suci, di tanah yang suci... Sungguh membuat kami cemburu.

Maafkan kami yang bersedih, karena cemas kehilangan satu pelita. Maklumi kami yang gelisah karena satu kompas ruhani telah pergi. Terima kasih atas segala ilmu dan teladan akhlakmu, wahai kekasih... Sungguh telah membuat kami rindu.

Alfatihah.

Dari seorang santri.

Sumber : Status Facebook FAHD PAHDEPIE

 

Tuesday, August 6, 2019 - 16:00
Kategori Rubrik: