Sekilas Secret Service

ilustrasi

Oleh : Gunawan Wibisono

Anggota Secret Service (SS) Amerika Serikat, Alta Lauren Gunawan berdarah Indonesia. Bapaknya 100% Indonesia namanya -Gunawan. Ehm.

Menyebut SS 'hanya' sebagai paspampres -pasukan pengamanan presiden (saja) tak begitu tepat.
Bila Paspamres yg kita kenal di Indonesia adalah bagian dari militer (TNI), maka SS sebelum tahun 2003 merupakan lembaga rahasia di bawah Departemen Keuangan! 
Dahulu tugas utama badan yang dibentuk 5 Juli 1865, 153 tahun silam, ini adalah mencegah, melacak dan menangkap pelaku kejahatan pemalsuan uang. 

Namun sejak peristiwa penembakan Presiden ke-25, William McKinley, tanggal 6 September 1901, wakilnya Theodore Roosevelt diambil sumpah menjadi Presiden, 1912, dan atas saran Parlemen diperlukan satu badan khusus yang mengawal keselamatan presiden dan keluarganya 24 jam penuh, nah, SS mulai bertugas sejak saat itu.

Kini SS berada di bawah Departemen Keamanan Dalam Negeri (Homeland Security Dept), tugasnya diperluas diantaranya mengamankan duta besar negara sahabat, juga tamu VVIP dari negara lain yang berkunjung ke Amerika.

Anggaran untuk SS ini bikin mata kita melotot, yakni sekitar 42 T pertahun, atau hampir 40 persen anggaran Departemen Pertahanan kita yang "hanya" 108T! Sementara anggaran pertahanan Amerika sekitar 10.000T! Atau 2,5 kali APBN kita..

Sumber : Status Facebook Gunawan Wibisono

Tuesday, July 9, 2019 - 11:30
Kategori Rubrik: