Sejarah yang Hilang

ilustrasi
Oleh : Riza Iqbal
 
Rezim Orde Baru itu berkuasa 32 Tahun, selama itu juga penguasa membentuk rakyat berdasarkan maunya, absolut dan otoriter. Sifat penguasa diktator. Jangankan jalannya pemerintahan, sejarah yang menyangkut kehidupan masa depan negara saja harus dibuat berdasarkan keinginan penguasa.
Baru 22 tahun Indonesia lepas dari cengkraman penguasa diktator, dan untuk meluruskan kembali sejarah yg sudah dibuat sedemikian rupa tidaklah mudah. Ibarat orang yang mengalami koma cukup lama, recovery untuk kembali normal akan memakan waktu yang cukup lama, itu juga kalau berhasil pulih.
Rakyat Indonesia mengalami hal itu, 32 tahun sejarah ditutupi, dibelokkan. Jika ada yang ingin meluruskan akan dibungkam dan disiarkan bahwa kebenaran sejarah hanya yang diucapkan penguasa. Pemahaman sejarah dilakukan dengan doktrinasi, bukan dengan edukasi.
Meski sekarang kita bebas mengungkap sejarah, namun sifatnya adalah meraba2. Banyak kendala untuk mengungkap kebenaran sejarah. Berkurangnya saksi sejarah yang masih hidup, literasi yang terbatas akibat pembredeilan penguasa masa lalu, dan diperparah, masih adanya virus masa lalu yang tidak ingin kebenaran sejarah terungkap.
Korban virus sejarah ada dua, orang yang tidak peduli sejarah dan generasi yang terputus antara masa lalu dan masa sekarang. Dengan sedikitnya literasi kebenaran sejarah dan saksi sejarah, virus masa lalu akan turus membuat narasi2 pembodohan agar kebenaran sejarah tetap tak terungkap.
Indonesia tidak akan menyongsong masa depan jika pergulatan tentang masa lalu terus dipertanyakan dan diperdebatkan. Masa depan bisa diraih jika kerangka sosial masyarakat ada dalam bingkai sejarah yang sama. Meskipun yang akan diungkap adalah sejarah hitam dan pahit untuk ditelan namun, masa depan Indonesia tergantung dari apa yang kita lakukan saat ini sebab, apa yang kita alami sekarang adalah hasil sejarah masa lalu.
Sejarah adalah peristiwa masa lalu yang runut kejadiannya, tidak bisa diputus2, tidak bisa dilompati atau diambil sebagian-sebagian saja. Sejarah Indonesia adalah sejarah panjang berdirinya sebuah negeri. Pembelokan atau menutupi sejarah hanya akan melahirkan generasi yang tidak menghormati proses lahirnya negeri ini.
~TYVa~
 
Sumber : Status Facebook Riza Iqbal
Tuesday, September 22, 2020 - 20:30
Kategori Rubrik: