Sejarah Baru, Indonesia Miliki Pembalap Formula 1

Ilustrasi

RedaksiIndonesia - Indonesia mengukir sejarah baru dalam ajang balap jet darat paling bergengsi di muka bumi, dengan resminya Rio Haryanto menjadi pebalap kedua di Tim Manor. Ini kali pertama Indonesia memiliki pebalap yang akan bertarung melawan pebalap yang sebelumnya sudah tersohor seperti Lewis Hamilton, Sebastian Vettel dan lain sebagainya.

Kepastian ini didapat setelah Tim Manor mengumumkan secara resmi proses penandatanganan kontrak dengan Rio, Kamis (18/2). Sebelumnya terjadi kegamangan setelah ada permintaan jaminan uang dari tim sebesar 15 juta Euro. Biaya itu memang digunakan untuk keperluan balap. Pihak Rio yang didukung penuh oleh PT Pertamina baru menyerahkan 3 juta euro. Disisi lain, ada kandidat pebalap asal Inggris yang jadi pesaing beratnya.

Berkat ketekunan doa, usaha dan dukungan pemerintah, akhirnya pria muda kelahiran Solo resmi menduduki kursi kedua di tim setelah sebelumnya Manor mengumumkan pebalap pertamanya Pascal Wehrlein.

Pemerintah melalui Kemenpora memang sedang mengusahakan agar Rio bisa jadi pebalap resmi. Proses bantuan anggaran yang diupayakan, menjadi perdebatan di DPR.

Rupanya Tuhan mentakdirkan lain, laki-laki yang taat beribadah tersebut akhirnya mampu mewujudkan cita-citanya menjajal balapan kelas wahid. Ini jelas kado istimewa tidak hanya bagi Rio, tetapi bagi seluruh rakyat Indonesia. Untuk setingkat ASEAN, Rio merupakan pebalap kedua yang terdaftar di F1 setelah beberapa tahun lalu ada juga pebalap dari negeri Jiran.

"Manor Racing adalah tim dengan visi menarik dan rencana ambisius. Mereka telah menghasilkan paket yang hebat dan saya tak sabar segera naik mobil" ungkap Rio. Putra pebalap nasional Sinyo Haryanto ini akan bertarung melawan 21 pebalap dari berbagai negara. (Beritasatu)

Thursday, February 18, 2016 - 17:45
Kategori Rubrik: