Sebelum dan Sesudah Jadi Menteri, Mobil Anis Cuma 1, Avanza

Foto by Joko Suparto

Oleh Kang Santabrata

Tadi pagi sarapan di rumah Anies. Bersama beberapa teman baik. Lantas, datang pula beberapa orang pegiat sosial anak-anak muda.

Makan dan senda gurau, sarapan ala potluck. Ada teman bawa rawon, ada yang bawa salad. Mas Anies dan mbak Ferry istrinya manggil tukang bubur ayam dan tukang lontong sayur masuk halaman rumah.

Sebelum bubar, anak-anak muda itu minta Anies kasih sepatah dua patah kata, karena pada penasaran what is going on. Inti yang disampaikan mas Anies ke mereka:

"Kalau ditanya kenapa direshuffle, saya juga tidak tahu, dan kita tidak perlu mencari tahu, karena itu hak prerogatif presiden. Tugas saya membantu presiden, kalau dibilang tugas selesai, ya selesai."

Ada hal lain yang ndak banyak orang tahu, yang tadi di rumahnya saya jadi ingat lagi. Mobil pribadi mas Anies sekeluarga dari dulu cuma ada satu, satu Avanza. Ada mobil lain yang dia gunakan, ya selalu mobil dinas. Selama jadi menteri pun Anies most of the time pakai Kijang, boleh dibilang Crown menterinya amat sangat jarang digunakan.

Saya tersentak, waktu tadi Anies bilang ke saya bahwa dia bersyukur masih dipinjami Kijang nya oleh Kemdikbud, sementara dia cari mobil untuk dia pakai nanti sehari-hari beraktifitas keluar rumah.

Bisa pinjam beberapa minggu itu, yang pernah kenal Anies di Amerika dulu pasti tahu dia kalau mau membeli sesuatu, terutama mobil, teliti sekali cenderung ngeselin :). Jaman kuliah di Amerika dulu saya pernah temani dia membeli sesuatu, begitulah :)

Keluarganya dan keempat anaknya menggunakan Avanza nya itu dari dulu. Tentu perlu kendaraan lain untuk Anies beraktifitas, yang selama ini tidak pernah dipikirkan olehnya karena ada mobil dinas tersedia, baik dulu sebagai rektor Paramadina atau 20 bulan terakhir sebagai menteri. Kebutuhan pribadinya masuk ranking kesekian, dibandingkan urusan publik.

Saya mendoakan Anies, di dalam ataupun di luar pemerintahan, tetap mengabdikan dirinya untuk publik dan untuk republik sepenuh-penuhnya. Amin.

Update: Diceritakan oleh Philips Vermonte (Dir CSIS)

Monday, August 1, 2016 - 20:45
Kategori Rubrik: