Sayyidah Aisyah tidak suka Pada Sayyidah Khadijah?

ilustrasi

Oleh : Ahmad Atho

Telah diriwayatkan dalam sebagian atsar dari Sayyidah 'Aisyah As Shiddiqiyyah, sungguh beliau berkata :
Suatu hari Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam pernah menyebut nama Sayyidah Khadijah dengan semangatnya, maka aku pun tak kuasa menahan rasa cemburu karenanya. Hingga aku berkata sesuatu yang tak elok untuk diucapkan, dan aku melihat raut yang berubah pada wajah Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam seperti saat wahyu sedang diturunkan.

Aku benar² bersalah atas ucapan itu, dan aku pun menyesal telah menyakiti beliau seperti itu. Lalu aku berdo'a, "Ya Allah, jika Engkau berkenan meredakan kemarahan Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam saat ini juga maka aku berjanji tidak akan sekalipun berkata buruk tentang Sayyidah Khadijah hingga akhir masa."

Dan saat Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam melihat tulusnya penyesalanku maka beliau pun memaafkanku, lalu beliau menuturkan diantara keutamaan² Sayyidah Khadijah yang gilang gemilang.

Dari riwayat ini Anda tau bahwa cemburunya Sayyidah 'Aisyah bukan karena didorong rasa benci atau permusuhan, akan tetapi itu adalah tabiat yang lumrah pada perempuan. Dan Sayyidah 'Aisyah lah justru yang meriwayatkan kepada kita tentang keistimewaan² Sayyidah Khadijah radhiyallahu 'anhuma. Kalo bukan karena Sayyidah 'Aisyah niscaya kita tidak akan mengetahui riwayat keagungannya.

Al Busyra fi Manaqib Sayyidah Khadijah Al Kubra, hal. 53

Sumber : Status Facebook Ahmad Atho

Sunday, May 17, 2020 - 14:15
Kategori Rubrik: