Satu Hari Setelah Pelantikan, Gibran Akan Segera Melakukan Vaksinasi di Pasar Klewer

ilustrasi

Oleh : VKD

Dalam acara peresmian Coworking Space Bank Jateng Cabang Surakarta, Walikota terpilih Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan akan segera melakukan percepatan vaksinasi Covid 19 dalam minggu ini. Bahkan Gibran akan melakukan vaksinasi bagi Pedagang di Pasar Klewer pada Sabtu, 27 Februari 2021. Hanya satu hari setelah pelantikannya. Gibran berpendapat sebagus apapun program pemulihan ekonomi, semua itu harus ditunjang dengan kesehatan fisik. Karena kesehatan adalah kunci utama untuk menggerakkan ekonomi.

Segera setelah Pasar Klewer akan diikuti dengan vaksinasi bagi petugas pelayanan masyarakat, tenaga pendidikan dan pedagang-pedagang pasar. Coworking space bentukan Banka Jateng itu, menurut Gibran, hanyalah salah satu co working space yang akan didirikan di Surakarta. Menyusul segera dibentuk co working space lain di bank-bank swasta lainndi Surakarta dan juga yang akan dibentuk Pemkot Surakarta di daerah Laweyan.

Sebagai bentuk perwujudan visinya agar Surakarta bangkit dari Pandemi. Co working space yang didirikan bank jateng itu terletak di lantai tiga Gedung Bank Jateng cabang Surakarta. Dilengkapi dengan ruangan yang nyaman dengan pemandangan rooftop dan tempat display produk.

Gibran mengharapkan UMKM segera naik kelas, mampu bersaing dengan pengusaha-pengusaha dan perusahaan-perusahaan bermodal besar. Langkah awalnya tentu saja dengan melakukan pendampingan yang dimulai dari nol. Gibran sendiri sering merasa prihatin dengan pelatihan UKM selama ini yang sering kali tanya sekali saja, tidak sustainable. Yang menarik tentu saja pendapat Direktur Bank Jateng, mas Nono, bahwa UMKM dengan pendampingan tentu saja bisa terlepas dari masalah-masalah klasik seperti omset menurun, kesulitan akses permodalan ataupun masalah distribusi. Semua masalah itu akan dapat diatasi, bahkan Bank Jateng menjanjikan kemudahan akses permodalan bagi para entrepreneur milenial, terlebih bila menerapkan apa yang dikatakan Mas Gibran sebagai kiat utama berhasil dalam usaha: suatu konsep baru agar selalu melakukan usaha dengan kejujuran.

Kejujuran akan membuat pendampingan menjadi maksimal, dan UMKM siap bersaing dan sukses. Sebagai terobosan lainnya setelah resmi menjabat Walikota Surakarta, Gibran akan segera mensosialisasikan digitalisasi Pasar. Segera Pasar-pasar di Solo akan hadir dalam bentuk digital marketing.

Dimulai dari pembayaran dengan cara cashless, maupun platform belanja yang dapat diakses dari rumah secara delivery order. Melakukan kerja sama dengan platform-platform on line marketing yang ada. Tak lupa Gibran menjelaskan tentang kegiatan Solo Art Market yang selama ini diselenggarakan di Omah Sinten, segera akan dilebarkan menjadi sepanjang Ngarsopuro, bahkan bila cukup berhasil, akan di extend hingga Singosaren.

Namun ada perbedaan prinsip dibanding yang selama ini dikenal, agar pebisnis sepanjang Ngarsopuro itu diutamakan pada produser dan bukan sekadar reseller seperti sekarang. Tentu saja semua akan dilakukan setelah pandemic berakhir. Sebelum itu, Gibran akan mendorong percepatan penyelesaian vaksinasi di kota Surakarta, dan percepatan agar UMKM segera melakukan diitalisasi. Gebrakan yang luar biasa….! 

Tuesday, February 23, 2021 - 12:15
Kategori Rubrik: