Sama Perintahnya Beda Tahunnya

ilustrasi

Oleh : Wahyu Sutono

Ngapain para netizen ngeributin masalah siapa yang memerintahkan penangkapan Djoko Tjandra. Kubu yang realistis dan mengikuti perkembangan mengatakan bahwa itu 'Perintah Presiden Jokowi.' Namun kubu yang berseberangan ngotot bila itu perintah SBY.

Nggak usah pada sibuk rebutan siapa yang paling benar, karena keduanya sama benarnya. Artinya kedua presiden sama memerintahkan. Yang membedakan itu, pertama tahun perintahnya. SBY memerintahkan pada tahun 2012 atau 8 tahun lalu. Sedangkan perintah Presiden Jokowi tahun 2020. Kedua, Presiden Jokowi perintahkan tangkap, sedangkan SBY perintahkan bawa pulang. Ketiga, yang tahun 2020 berhasil ditangkap, sedangkan yang 8 tahun lalu tetap buron.....

Yang lebih penting sekarang adalah kelanjutan proses hukumnya yang patut terus dimonitor agar tidak terjadi kejanggalan lagi. Lalu diusut kembali siapa saja pejabat yang terlibat hingga skandal ini bisa terjadi. Karena jelas tanpa keterlibatan beberapa pihak hal ini mustahil bisa terjadi, mengingat skandal ini terkait dengan nominal uang yang sangat besar.

"Lebih lanjut, hendaknya instansi atau institusi penegakan hukum sudah saatnya bersih-bersih agar tidak menghambat proses penegakan hukum secara umum. Lalu kasus lainnya jadi bisa lebih cepat ditangani, termasuk persoalan intoleran dan yang terkait dengan nilai-nilai kebangsaan atau ideologi bangsa."

Salam Keadilan untuk NKRI Gemilang

Sumber : Status Facebook Wahyu Sutono

Monday, August 3, 2020 - 09:30
Kategori Rubrik: