Saatnya Kita Bangkit dan Merdeka

ilustrasi

Oleh : Setyo Hajar Dewantoro

Selain memuji Pak Jokowi, yang tegas menyatakan Indonesia tak akan lockdown, saya juga harus memuji Donald Trump. Dia berani untuk segera membuka ekonomi AS dalam hitungan minggu.

Memang itu yang sewajarnya dilakukan.

Sejak kapan kita tidak hidup bersama virus? Sejak manusia ada ya virus itu sudah ada. Nah, soal bahayanya saja yang harus dikelola secara tepat. Itupun disesuaikan dengan tingkat bahaya dari virus itu

Mau sampai kapan ketakutan yang ada di pikiran kita membuat gerak kita mati dengan mengatasnamakan "ancaman virus".

Dalam hal ini yang logis dilakukan adalah berbagi peran antara individu dan pemerintah :

Setiap individu harus mengembangkan pola hidup sehat dan memastikan punya antibodi yang memadai untuk melawan semua virus.

Pemerintah bertanggung jawab menyediakan seluruh instrumen medis mulai dari vaksin, obat hingga rumah sakit untuk menangani warga yang karena ketidakmampuannya menciptakan antibodi/imunitas sehingga menjadi sakit. Plus, perlu edukasi dan kampanye bagaimana setiap orang bisa berdamai dengan virus - atau bisa mengatasi bahaya dari virus yang pasti akan selalu ada.

Selebihnya kegiatan perekonomian harus dihidupkan lagi agar tak ada kerusakan sosial yang lebih parah.

Jika virus ini dikaitkan dengan perang melalui senjata biologis maka menjadi tanggung jawab pemerintah dengan seluruh instrumen militer dan intelejennya untuk mengantisipasi. Pelaku harus ditangkap, jaringannya diurai. Jangan dibiarkan warga terus menerus ada dalam ketakutan yang tak jelas ujung pangkalnya.

Jika ternyata virus yang ada di Indonesia tak begitu berbahaya, maka semua sumber hoax yang menciptakan ketakutan massal yang nyata nyaris melumpuhkan ekonomi bangsa harus diungkap, ditangkap dan diadili.

Lalu, para guru spiritual dan tokoh agama, gotong royong untuk memandu agar semua orang bisa hidup dalam kesukacitaan sejati yang membuat tubuh secara otomatis kebal dari virus.

Dengan tuntunan Guru Sejati, yang termanifestasi dalam keputusan yang diambil dengan hikmat kebijaksanaan, kita pasti selamat.

Merdeka!

Sumber : Status Facebook Setyo Hajar Dewantoro

Wednesday, March 25, 2020 - 12:15
Kategori Rubrik: