Saat Anies Kembalikan Jam Operasional Trans Jakarta

ilustrasi

Oleh : Desrinda Syahfarin

Ya elah. Plin plan!

Tadi pagi, saya ke kantor naik ojol berhubung tanggal genap (mobil bernomor ganjil, Vario tua kesayangan lagi mogok). Rencana pulang naik TransJakarta, mestinya rada sepi karena sekolah pada libur dan banyak perusahaan berkebijakan karyawannya work from home aja.

Pas di jalan, langsung nyesel lihat mobil-mobil bernomor ganjil ternyata bebas juga di tanggal genap ini. Makin nyesel waktu pulang nunggu bus di Halte Tosari...nauzubillah min zalik itu orang berjejalaaaaaan... kalau ada satu aja yang positif corona, alamat 14 hari akan ketahuan entah berapa ratus orang yang ketularan. Mestinya tadi ke kantor bawa mobil aja.

Anyway we cant control things that out of our control, tapi kita semua harusnya mampu jaga diri supaya jangan pegang-pegang benda yang nggak jelas kesterilannya, kalau pun kepegang ya cepat-cepat cuci tangan atau bersihkan dengan sanitizer. Juga jangan dekat-dekat dengan orang lain.

Virus corona itu tidak berpindah dari orang lain ke tubuh kita melalui udara, melainkan masuk ke saluran pernafasan kalau menemukan jalan justru melalui tangan kita sendiri atau percikan batuk penderita. Let's keep ourselves safe by avoid those risks. Harusnya gampang ya, orang sini sopannya masih tinggi, nggak akan batukin orang lain juga nggak akan sembarang grepe-grepe orang lain dengan tangan yang penuh virus itu. Cuma tetap beresiko bahwa tangan penderita pegang barangnya (misalnya tas) lalu virus nempel di situ, bisa jadi pindah ke tas kita lalu kita tersentuh nggak sengaja.

Jadi amannya: BAWA TISSUE BASAH KE MANA-MANA. Bersihkan tangan setiap kali habis pegang barang (gagang pintu dll) yang sekiranya jadi tempat virus nemplok, juga bersihkan barang-barang kita yang habis dipegang orang lain. 

Sumber : Status Facebook Desrinda Syahfarin

Tuesday, March 17, 2020 - 09:30
Kategori Rubrik: