Saat Adzan Berkumandang Di Pabrik Meubel Jokowi

ilustrasi

Oleh : Mukti Ali Qusyairi

Bapak Slamet Raharjo (SR) adalah sahabat karib Jokowi bersama-sama merintis usaha mebel dan kerajinan. Ketika saya menghadiri bedah buku "Ulama Bertutur Tentang Jokowi" di The Sunan Hotel, ada serpihan kisah dan fakta terlihat. SR adalah sahabat Jokowi sejati terlihat betapa tulus ingin bersama-sama sahabatnya di Asmindo untuk berpartisipasi membantu tanpa pamrih sahabatnya yg kembali dicalonkan menjadi Capres.

Menariknya ketika saya pamitan mau balik lagi ke Jakarta, SR sedang ada di pabriknya di Boyolali. Akhirnya saya harus sowan ke pabriknya, agar ketemu langsung dan sungkem. Sesampainya di pabrik, terdengar alunan adzan dari samping belakang pabrik. Setelah saya tengok, suara adzan itu ternyata berasal dari musholla yang ada di dalam lingkungan pabrik mebel SR. Saya bertanya reflek kepada SR, apakah pabriknya Jokowi juga ada musholla juga? SR dengan reflek menjawab, "ada dong pak! Semua pabrik teman teman Asmindo pasti ada mushollanya, tentu saja termasuk pabriknya Pak Jokowi!"

Saya melihat para karyawan menghentikan kerja dan antri mengambil air wudhu. Setelah mereka selesai wudhu, melaksanakan shalat berjamaah. Lagi-lagi saya bertanya, "apakah setiap waktu shalat, yaitu zuhur dan asar--karena masuk waktu kerja--karyawan berhenti sejenak untuk shalat?" SR lagi-lagi menjawab, "iya pak. Karyawan Jokowi juga begitu, azan berkumandang, ambil wudhu dan shalat. Kalau Jokowi sedang ada di pabrik, Jokowi menjadi imam."

Bahkan ketika saya berkunjung dan melihat Grha Shaba, gedung serba guna, milik Jokowi yang berdiri jauh sebelum menjadi Wali Kota Solo, yang disewakan utk berbagai kegiatan, pun terdapat musholla, tempat wudhu dan toilet.

Ketika masih dalam penelitian, saya dan Mas Nino alias mas muhammad histiraluddin pun pernah menjadi makmum dan pak SR menjadi imam dalam shalat jamaah di Omah Sinten miliknya.

Semakin kagum lagi, ternyata SR sedang merintis pesantren Husnul Khatimah.

Sumber : Status Facebook Mukti Ali Qusyairi

Saturday, February 16, 2019 - 09:00
Kategori Rubrik: