RSV : Virus Penyebab "Common Cold" Salesma yang Bikin Nyesek, Bahaya

ilustrasi

Oleh : Nurul Indra

Ada 200 virus penyebab common cold alias selesma. Virus yang paling ringan menyebabkan gejala yaitu Rhinovirus, hanya bikin batuk pilek biasa. Virus yang menyebabkan paling berat gejala selesma atau common cold di antaranya yaitu RSV.

RSV singkatan dari Respiratory Synctial Virus. RSV dapat menyebabkan bronchiolitis dan pneumonia berat pada bayi (ada yg sebut 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun) dan juga pada orang tua serta orang-orang dengan penyakit asma dan gagal jantung kongestif.

RSV bertanggungjawab atas kematian 60.000 balita di rumah sakit Amerika setiap tahunnya. Virus RSV diisolasi tahun 1955, namun sampai sekarang belum ditemukan vaksin yang efektif.

RSV termasuk virus RNA dari genus Orthopneumovirus dari keluarga Pneumoviridae di urutan Mononegavirales. Virus ini menular melalui droplets, kontak dekat juga bisa menyebar melalui aerosol. Setelah menginfeksi lapisan epitel nasofaring dan saluran pernafasan bagian atas, RSV kemudian menyebar ke bronkiulus kecil atau alveoli pada saluran pernafasan bawah.

Respon kekebalan tubuh terhadap infeksi virus RSV meningkatkan produksi dan peradangan lender, memicu penyempitan jalan nafas, menyebabkan bronkiolitis dan pneumonia pada bayi dan orang tua serta orang-orang dengan asma dan gagal jantung kongestif.

Masih ada lagi, parainfluenza dan coronavirus penyebab selesma atau common cold juga. Dibahas pada tulisan selanjutnya.

https://www.webmd.com/cold-an…/cold-guide/common_cold_causes

https://www.cdc.gov/rsv/high-risk/index.html

https://www.nature.com/articles/s41579-019-0149-x.pdf…

Sumber : Status Facebook Nurul Indra

Friday, May 15, 2020 - 08:30
Kategori Rubrik: