Rokok Tidak Sehat

ilustrasi

Oleh : Ahmad Sarwat Lc MA

Saya bukan perokok, anti rokok dan tidak suka dengan para perokok. Karena rokok itu membahayakan dan merusak kesehatan. Itu jelas dan pasti.

Namun peragaan dengan percobaan seperti ini kelihatannya meyakinkan, namun terkesan sedikit memaksakan. Ada beberapa sisi yang sebenarnya kurang sejalan dengan kenyataan.

https://www.facebook.com/plugins/video.php…

Dalam peragaan ini, rokok dinyalakan terus-terusan, habis satu langsung bakar lagi, bakar lagi, bakar lagi, sampai puluhan mungkin ratusan batang.

Padahal dalam kenyataannya, tidak ada orang merokok sekaligus segitu banyak terus menerus.

Bahkan kalau pun yang diujicobakan itu kopi panas misalnya, tapi kalau kopi panas terus-terusan diminum tanpa berhenti, lambungnya juga jadi bermasalah. Padahal kenyataannya, kita ngopi sekali dua kali dalam sehari. Lalu diteruskan dengan proses pencernaan.

Demikian juga orang merokok, para perokok itu tidak langsung menghisap 100 batang rokok tanpa berhenti. Sementara peragaan ini membakar semua tanpa henti.

Jadi biar lebih sesuai kenyataan dan tidak terkesan menggunakan efek dramatis, seharusnya percobaan ini dilakukan secara apa adanya saja. Bakarlah rokok itu sehari beberapa batang saja, maksimal sebungkus dua bungkus saja. Maka akan lebih sejalan dengan kenyataan.

Atau kalau pun mau, mungkin bisa diperagakan hasil otopsi mayat yang mati karena menghisap rokok. Itu lebih real dan sesuai fakta.

Selalu hidup sehat, hindari rokok karena membahayakan kesehatan.

Sumber : Status facebook Ahmad Sarwat Lc MA

Friday, November 1, 2019 - 16:00
Kategori Rubrik: