Riza Chalid, 400 Ribu dan Aset Pertamina

Oleh : Aldie El Kaezzar

Iya, ini multi bahasan nih, saya coba gabung dalam satu post. Straight forward aja.

1. Riza Chalid (RC) Muncul, Kok Ga Ditangkep?

Iya, kasus papa minta saham sudah ditutup kejaksaan karena tahun 2016 Setnov mengajukan gugatan ke MK ttg status rekaman dan an MK mengabulkan gugatan Setnov. Alasannya, hasil sadapan dilakukan pihak yg tidak berwenang, jd status rekaman dianggap tidak sah. Kasus pun pada akhirnya ditutup oleh kejaksaan.

Pelaku yg diduga RC dan Setnov yg dalam rekaman sempat berbicara tentang sumbangan 500 miliar ke kubu Prabowo pd Pilpres 2014 lalu tentunya sudah "lepas" dari kejaran kejaksaan. Sehingga sejak saat itu RC praktis sudah bebas pergi ke mana pun.

2. 400 Ribu/Bulan Dapat Apaan di Jakarta?

Yang pertama, nilai 400 ribu itu adalah rata2 nasional, bukan DKI Jakarta. Nilai pengeluaran minimum untuk DKI sebesar 578 ribu.

Yang kedua, survei yg dilakukan BPS itu menyasar rumah tangga, keluarga, bukan individu. Jadi kalau mau riil, angka tersebut seharusnya dikalikan dengan jumlah anggota keluarga, asumsikan saja 1 keluarga terdiri dr 4 orang. Jadi nilainya 1.6 juta untuk rata2 keluarga nasional atau 2.3 juta untuk rata2 keluarga DKI.

Dengan nilai ini tentu sudah lebih realistis untuk disimulasi kebutuhan bulanannya.

3. Beneran Aset Pertamina Mau Dijual?

Tidak ada penjualan aset. Yang ada hanyalah share down. Share down ini bukan menjual aset, tapi melepas sebagian kepemilikan, maksimal 39% saja.

Misalnya sebuah kilang minyak X awalnya 100% sahamnya dikuasai Pertamina. Lalu di share down 30% ke perusahaan A, maka kepemilikan kilang X menjadi 70% Pertamina, 30% perusahaan A. Artinya aset kilang X tetap mayoritas milik Pertamina dan di bawah kendali mereka.

Ini sesuai dengan surat dr kementerian BUMN yg menyatakan bahwa share down aset harus tetap menjaga pengendalian Pertamina untuk aset strategis. Dengan share down, ada pembagian resiko dan modal. Selain itu bisa juga membuka kemungkinan investasi baru.

Misalnya, jika mitra partner adalah perusahaan minyak asal negara Z, maka Pertamina bisa menjajaki kemungkinan bisnis di negara asal atau investasi lainnya.

Sumber:
https://nasional.tempo.co/…/jaksa-agung-ungkap-alasan-berhe…
https://nasional.tempo.co/…/mk-penyadapan-atas-setya-pada-k…
https://m.detik.com/…/ini-transkrip-lengkap-rekaman-setya-n…
https://twitter.com/bps_statist…/status/1019373259668803585…
https://m.detik.com/…/hal-hal-yang-perlu-diketahui-di-balik…
https://www.bps.go.id/sub…/…/kemiskinan-dan-ketimpangan.html
https://tirto.id/simpang-siur-surat-menteri-bumn-soal-penju…

 

Sumber : facebook Aldie El Kaezzar

Monday, July 23, 2018 - 12:30
Kategori Rubrik: