Ria Richis Berat Hadapi Bully

ilustrasi

Oleh : Muhammad Jawy

Kalau saya sering menyebut Jonru, Mustofa Nahra itu hidup dalam penjara digital, dikurung oleh kemauan follower mereka, sehingga mereka takut berbeda pendapat dengan kenginan mayoritas followernya.

Kali ini Ria Ricis yang sebenarnya juga mengalami penjara digital yang sama, meskipun konteksnya berbeda dengan Jonru dkk. Banyak selebritis yang kemudian mengalami tekanan psikis hebat karena tuntutan para fans-nya, tidak sedikit yang kemudian beralih kepada narkoba.

Saya kuatir kalau para influencer berlomba mendapatkan jempol dari followernya, tetapi tidak mendengarkan hati nurani sendiri, bahwa kebahagiaan hakiki itu bukan orang lain yang paling menentukan, tetapi diri sendiri.

Belum semua warga digital kita memahami konsep kewargaan digital (digital citizenship) yang baik, jadi bekal penting sebelum berani eksis di dunia maya adalah paham bahwa setiap orang ada potensi kena bully massal.

Saran saya sih, sekali-kali ndableg aja lah mbak. Jangan gampang down kalau dijempoli bawah oleh followernya. Cuek beibeh itu kadang diperlukan kok.

Sumber : Status Facebook Muhammad Jawy

Friday, August 16, 2019 - 10:15
Kategori Rubrik: