Renungan Bagi Baliku

ilustrasi

Oleh : Sinyo Rediana

Saatnya bagi BALI ntuk berbenah, mendesign ulang mau dibawa kemana Baliku dimasa datang !

Waktu yang pas dimasa pandemi Corona ini, dimasa masa pariwisata Bali yang sedang merana karena corona, Mari kita semuanya dari para pemangku kebijakan, para wakil rakyat, tokoh masyarakat, aktifis, pemerhati pariwisata, budaya & adat Bali duduk bersama bertukar pikiran mencari format yang baru bagi Baliku, meRebrandingkan Baliku kearah yang lebih baik, Bali yang berkualitas Bali yang penuh kedamaian dan kebahagiaan !

Selama ini Bali selalu mendapat julukan dan award internasional sebagai "The best tourism destination in the world", akan lebih indah dan bahagianya jika julukan tersebut bisa berubah menjadi "Bali Island is the only one happiest island in the world"

Pulau Bali adalah satu satunya pulau yang paling bahagia didunia yang harus dikunjungi akan kualitas kebahagiaan masyarakatnya, keramahtamahannya, kedamaiannya dan cara hidup bahagia masyarakat Balinya.

Namun bukan hanya sekedar jargon dan branding, aktualisasikanlah dengan perangkat aturan dan kebijakan daerah untuk menuju Pulau Bali yang benar benar berkualitas, tidak hanya sekedar mencari kuantitas untuk mencapai kebahagiaan Pulaunya, namun lebih mengutamakan kualitas, bahagia masyarakatnya bahagia pulaunya !

"Rakyat Bali butuh untuk dipenuhi dulu kebutuhan pokok mereka, yaitu bahan makanan yang cukup, tempat tinggal yang layak, dan layanan kesehatan memadai tanpa pengecualian. Bila itu semua telah dipenuhi, hal ini akan membuat mereka bahagia dimana sebagian besar mayoritas manusia Bali sebenarnya hidup mereka penuh kedamaian dan kesederhanaan.

Di tengah kondisi dunia yang semakin tidak damai ini, mengukur kebahagiaan tidak hanya dengan materi belaka , justru memberikan ketenangan batin bagi rakyat Bali adalah tujuan dari kebahagiaan itu.

Sekilas mungkin Bali kelihatan tidak makmur, namun rakyat yang bahagia adalah sebenarnya ukuran kemakmuran bagi Pulau Bali”

Mari berbagi ide ide out the box !

Gede RY

Sumber : Status Facebook Sinyo Rediana

Friday, June 5, 2020 - 09:00
Kategori Rubrik: