Qlue Hadir Perangi Corona

Oleh: Wahyu Sutono

 

Setelah lama tidak terdengar kabarnya, kini aplikasi Qlue kembali hadir sebagai platform yang dibuat sebagai media untuk menerima laporan dan masalah dengan memanfaatkan perangkat mobile, kecerdasan buatan, dan Internet of Things (IoT).

Aplikasi ini pernah digunakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat dipimpin oleh Basuki Tjahaja Purnama (BTP), sebagai media untuk masyarakat ibu kota dalam melaporkan berbagai permasalahan seperti jalan rusak, selokan mampet, hingga tumpukan sampah.

 

Popularitas aplikasi Qlue ini meredup menyusul pergantian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang saat ini dipimpin oleh gubenur Anies Baswedan. Masyarakat menganggap aplikasi ini sudah tidak berfungsi karena sudah berganti masa jabatan gubernur.

Kini BTP melalui akun Twitter-nya kembali menghadirkan aplikasi Qlue sebagai salah satu platform untuk memerangi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Dalam unggahannya, BTP pun memberikan langkah-langkah penggunaan aplikasi ini.

Kali ini Qlue bekerja sama dengan Kementerian BUMN dan BNPB, sekaligus mengaktifkan kembali program Jakarta Smart City, Indonesia Bergerak dan Indonesia Berubah. Kehadirannya ini juga diharapkan dapat membantu Indonesia dalam melawan pandemi Covid-19.

"Mari kita install kembali aplikasi Qlue dan kita laporkan segala terutama yang menyangkut dengan penanganan Covid-19 di Jakarta, yang merupakan episentrum kasus Covid-19 di Indonesia," kata BTP.

Dalam aplikasi ini, pengguna dapat melaporkan permasalah terkait Covid-19 ini seperti adanya kerumunan warga, kelangkaan alat medis, orang suspect Covid-19, dan rumah sakit yang penuh. Semua laporan tersebut akan masuk ke dalam peta indonesiabergerak.com.

Bravo BTP.

 

(Sumber: Facebook Wahyu Sutono)

Thursday, April 2, 2020 - 12:30
Kategori Rubrik: