Psikologi Ruang Sidang

ilustrasi

Oleh : Alim

Pagi, kawan.
Saya bukan orang hukum, masuk ruang sidang pengadilan juga cuman sekali waktu sidang tilang lalu-lintas. Nah, kemarin itu sempat nonton sidang di MK barang beberapa menit.

Yang saya cerap adalah bahwa meski membahas soal politik, proses dialog dalam sidang itu sangat tertata bila dibandingkan dengan dialog politik di medsos. Ketertataan itu termasuk soal etika, porsi bicara, argumentasi, paparan bukti, adu data dsb, di mana hal itu sangat sulit dilakukan di medsos.

Di medsos itu gampang banget asal njeplak tentang segala hal, namun ketika hal yang sama dibicarakan di ruang sidang, tidak semudah itu.. 
Orang yang seenak udelnya mengolah kata dan argumen yang penuh fallacy di medsos bisa saja tiba-tiba macet saat di ruang sidang karena sebenarnya yang dilakukannya di medsos itu cuma omong kosong, misalnya.

Saya membayangkan, tentu tidak persis amat dengan sidang, dialog di medsos itu penuh dengan argumen yang baik dan data/bukti yang sahih. Itu akan membuat bermedsos kita menjadi aktivitas yang menyehatkan dan mencerdaskan.

Sumber : Status Facebook Alim

Thursday, June 20, 2019 - 11:00
Kategori Rubrik: