Proses Pembahasan Rancangan Undang-Undang

Pembahasan DIM antara pemerintah dan DPR itu bisa berlangsung berbulan-bulan dengan puluhan kali pertemuan. Mayoritas fraksi yang hadir memberikan pandangan dan pendapatnya pasal per pasal dalam kolom DIM. Fraksi-fraksi tersebut memberikan masukan dan usulan revisi-revisi yang sumbernya bisa dari tenaga ahli mereka, masukan dari LSM, serikat pekerja, akademisi, praktisi, atau pihak-pihak lain.
.
Semua tetek bengek penyusunan itu bisa kita baca dalam sebuah dokumen yang bernama Memorie van Toelichting (MVT). Isinya adalah dokumentasi pembahasan sebuah UU dari awal hingga akhir. (Update, dokumen pembahasan ini juga ada di situs resmi dpr).
.
Di MVT, kita bisa melihat pendapat wakil pemerintah dan pastinya juga kita bisa tahu fraksi mana yang setuju pasal apa dan fraksi mana yang menolak pasal apa sejak awal pembahasan sampai akhir.
.
.
Itu dulu lanturan saya sore ini.
.
.
Intinya, silahkan anda menyampaikan aspirasi dan ekspresi dengan segala cara yang tidak melanggar hukum, tapi, tetap wajib berhati-hati dengan gelombang opini tertentu yang membawa kepentingan berbalut narasi perjuangan dan pergerakan.
.
Sehat selalu poro sedulurku..

Sumber : Status facebook Teguh Arifiyadi

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *