Presiden Pun Mencontohkannya

Oleh: Wahyu Sutono

 

Beberapa pejabat publik utamanya di daerah ada yang menolak untuk diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas, bahkan dengan congkaknya menyampaikan bila dirinya adalah pejabat sambil marah-marah.

Sungguhlah tak memiliki empati di tengah mewabahnya pandemik Covid-19, para pejabat itu tak memberikan contah yang baik kepada rakyatnya, seolah itu sebuah aib bagi mereka. Jelas ini sebuah kekonyolan yang memalukan.

 

Coba lihat, bagaimana Jokowi yang sudah menjadi orang nomor satu saja selalu bersikap santun dan bisa dekat dengan rakyatnya dengan cara yang membumi. Jokowi pun tak pernah ingin diistimewakan saat harus berhadapan dengan sebuah aturan. 

Misalkan saat masuk stasiun kereta, Jokowi tetap mengantri untuk membeli kartu atau ticket harian. Lalu masuk melalui Tripod Turnstile Gate atau pintu masuk elektronik. Begitu pun dalam kondisi lainnya yang memang menerapkan aturan khusus.

Sekarang lihat.. saat masuk ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC-19), tanpa banyak cingcong Jokowi langsung berdiri menghadap petugas yang memeriksa suhu badan yang akan masuk ke RSDC-19. 

Lalu secara patuh Jokowi mengenakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak dengan orang lain, termasuk ketika masuk Ruang Lift, Jokowi berdiri di titik yang telah ditentukan seraya menghadapkan wajahnya ke dinding.

"Seperti itulah cara negarawan sejati dalam memberikan teladan kepada rakyatnya. Bukan dengan cara marah-marah, konferensi pers atau sekedar himbauan semata, apalagi membuat kebijakan yang berpotensi mengumpulkan massa. Seorang pemimpin besar hendaknya memberikan contoh langsung yang baik dan tidak ambigu."

Wahyu Sutono

Salam persatuan menuju Indonesia sehat 

 

(Sumber: Facebook Wahyu Sutono)

Wednesday, March 25, 2020 - 10:15
Kategori Rubrik: