Presiden Pesantren

Ilustrasi

RedaksiIndonesia-Minggu (8/10) lalu, Presiden Jokowi mengunjungi tiga pondok pesantren di Pulau Madura. Pndok pesantren pertama yang dikunjungi Jokowi adalah Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep. 

Ponpes kedua adalah Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kecamatan Sumenep. Terakhir, Ponpes ketiga yang dikunjungi adalah Ponpes Al-Karimiyyah Beraji, Kecamatan Gapura, Sumenep. 

Tiga pondok pesantren yang terakhir dikunjungi Jokowi ini menambah deretan dari puluhan pondok pesantren yang pernah dikunjungi Presiden Indonesia ke-7 ini. 

Bahkan, Pesantren Al-Amien, Sumenep ini menurut Gus Hamzah Sahal, menjadi pesantren kedua terjauh dari Jakarta, yang dikunjungi Presiden Jokowi. Pesantren yang menempati urutan pertama terjauh, dalam catatannya, adalah Pesantren Al-Mustofawiyah, di Purba, Sumatera utara. 

Seringnya Presiden Jokowi mengunjungi pondok pesantren di seluruh Indonesia menjadikan  Jokowi sebagai Presiden Indonesia yang paling banyak mengunjungi pesantren. 
 

Bung Karno yang dekat ulama dan menjadi presiden sekian lama, Pak Harto yang 32 tahun memerintah negeri ini, hingga Gus Dur yang lahir di pesantren, semua itu kalah sering dari Jokowi dalam jumlah mengunjungi pesantren. 

Sedikit informasi lagi. Hampir semua pesantren yang dikunjungi Pak Jokowi adalah pesantren "kunci". 

Di Jawa Timur Jokowi pernah mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Islam, Pondok Pesantren Al Amien, Pondok Pesantren Assunniyyah, hingga Pondok Pesantren Al-Qodiri, Pesantren Gontor, Pesantren Salafiyah Tulung agung. 

Di Jawa Barat Jokowi sudah pernah mengunjungi Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, Ponpes Cipasung Singaparna, Pondok Pesantren Darussalam, Pondok Pesantren Miftahul Ulum di Ciamis, Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus, Kabupaten Purwakarta, Pesantren An nawawi, Tanara. 

Di Jawa tengah, Jokowi pernah kunjungi pesantren At Taufiqy, Pekalongan, Pesantren API Tegalrejo, Magelang, Pondok Pesantren Darussalam di Dukuhwaluh, Banyumas, Pesantren Ihya Ulumudon, Cilacap, Pondok Pesantren Giri Kusumo, Mranggen, Demak, Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, Rembang, Pondok Pesantren Alfadlu, Pesantren Alqur’aniyy Azzayadiy, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

di Sulawesi, Jokowi dijadwalkan kunjungi pesantren Nahdlatul Ulum di Maros, Sulawesi Selatan. Tak hanya mengunjungi pesantren, Jokowi juga, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan 107 rumah susun pondok pesantren dalam rentang waktu 2015-2018. Jumlah unitnya 3.040 dan anggarannya mencapai Rp 946,1 miliar. 

Sumber : Tagar.id

Sunday, February 11, 2018 - 21:00
Kategori Rubrik: