Presiden Jokowi dan Bahasa Isyarat

Oleh: Lilik Hastuti S

 

 
Sambutan Presiden Jokowi dalam pembukaan Asian Para Games 2018, agak beda dari biasa. Tak hanya membuka dengan kata-kata, Jokowi juga menggenapi dengan bahasa isyarat. Kok bisa? Oww ..rupanya ada kerja keras di belakangnya. Surya Sahetapy, putra Dewi Yull dan Ray Sahetapy, yang adalah penyandang disabilitas tuna rungu lah 'oknum' di balik itu.

 

 
Berhari2 sebelumnya, Jokowi mempersiapkan diri dg belajar melalui video yang dikirim Surya. Rupanya tak cukup. Jokowi ingin belajar langsung. Dalam kunjungan ke Boyolali, Sabtu 6 Oktober pagi, Surya diajak serta mendampingi. Di sela perjalanan bahkan saat hendak menuju pesawat kepresidenan, mereka pun berlatih. Hasilnya, malam harinya, di panggung Gelora Bung Karno, Jokowi sukses memperagakan bahasa isyarat. 

"Teman-teman Tuli pada terharu dan merinding menyaksikan Presiden menggunakan bahasa isyarat. Rasanya Bapak Presiden mengeluarkan kami dari tempat yang tersiksa karena bahasa isyarat dianggap aneh sebelumnya dan akhirnya diakui masyarakat secara umum. Alhamdulillah!" kata Surya. Ia sendiri rajin mensosialisasikan komunitas Tuli. Menurutnya teman2nya di komunitas Tuli sendiri lebih menyukai kata itu, daripada sebutan tuna rungu.

 
(Sumber: Facebook Lilik Hastuti)
Wednesday, October 10, 2018 - 17:15
Kategori Rubrik: