Presiden Gelar Mitoni Calon Cucu Pertama

 

REDAKSIINDONESIA - Memanfaatkan libur Maulid dan Natal pada 24-25 Desember 2015, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pulang ke Solo. Ada agenda penting pada liburan tahun ini, yaitu acara Mitoni (tujuh bulanan) atas kehamilan menantunya semata wayang, Selvi Ananda Putri. Selvi adalah isteri Gibran Rakabuming Raka, putera sulung Presiden Jokowi. Gibran-Selvi menikah di Solo, 11 Juni 2015.

Acara mitoni biasa digelar dalam adat Jawa begitu kehamilan genap 6 bulan menurut penanggalan Jawa, dan menuju bulan ketujuh. Lazimnya acara ini digelar saat usia kehamilan 6 bulan lebih seminggu atau lebih 2 minggu. Adapun ritual mitoni Selvi digelar secara sederhana di rumah pribadi Presiden Jokowi di Jl. Kutai Raya, Sumber, Solo. Tenda putih terpasang di depan kediaman Jokowi.

Tamu undangan yang akan masuk ke rumah harus melewati pemeriksaan metal detektor Pasukan Pengamanan presiden (Paspampres). Hadir sejumlah tamu undangan, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, calon Wali Kota Solo terpilih, F.X. Hadi Rudyatmo beserta istri, calon wakil wali kota Solo terpilih Achmad Purnomo, sejumlah pengusaha Solo, dan beberapa tamu undangan lainnya. Sedangkan dari pihak keluarga Presiden hanya dihadiri keluarga inti, termasuk dua adik Gibran, yaitu Kahiyang dan Kaesang ditambah keluarga dekat dan sejumlah kecil handai taulan yang hadir. Jumlah seluruh hadirin hanya sekitar 100 orang. Keluarga Presiden dan calon ayah bayi mengenakan busana tradisional Jawa bernuansa serbabiru.

Acara dimulai dengan siraman terhadap Selvi yang kehamilannya masuk tujuh bulan. Siraman dilakukan di pinggir kolam renang, pekarangan bagian belakang rumah Presiden Jokowi. Selvi mengenakan kain batik berwarwarna kuning. Rangkaian bunga melati membalut kepala, pundak dan dadanya. Para sesepuh termasuk Presiden dan ibu Negara Iriana Jokowi didaulat menyiram.  Di tempat yang sama dulu Gibran menjalani acara siraman menjelang pernikahan.

Ritual berikutnya dilakukan di dalam rumah, di mana Selvi yang basah kuyub sehabis siraman sempat berganti baju beberapa kali. Setelah ganti baju, Selvi tampil di hadapan tamu undangan yang hadir dan mereka dimintai pendapat apakah busana yang dikenakan sudah sesuai atau belum. Sempat berganti baju yang sangat sederhana hingga yang lebih glamor, akhirnya pengunjung menyatakan busana Selvi sudah sesuai setelah Selvi berganti baju yang ke tujuh.

Kehamilan Selvi sempat dibicarakan publik ketika seorang netizen memergokinya periksa kehamilan di Klinik Padma, Solo, beberapa waktu lalu. Selvi periksa kepada dokter kandungan yang ternama di Solo, Dr. Soffin Arfian SpOG. Laporannya ada di sini.

Sekali lagi selamat buat Mbak Selvi dan Mas Gibran. Semoga kehamilannya lancar, anak dan ibunya sehat-selamat. 
 

Sumber: Kompasiana

Saturday, December 26, 2015 - 14:30
Kategori Rubrik: