Presiden Dari Sabang Sampai Merauke

Ilustrasi

Oleh : Ruly Achdiat Santabrata

Sejak inagurasi tiga tahun yang lalu, Pakde tidak hanya ngantor di Istana tapi di 33 provinsi di luar ibukota Jakarta, dari Aceh di ujung barat sampai Papua di ujung timur, dari Nusa Tenggara di pinggir selatan sampai ke Pulau Miangas yang terluar di utara.

Khusus tentang aksesabilitas:
- Telah dibangun 7 Pos Lintas Batas Negara yang layak dan membanggakan di perlintasan utama sepanjang perbatasan dengan negara tetangga Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste.
- Jalan tol bertambah 300km, 1800km lagi hingga 2019
- Jalan nasional bertambah 2.623 kilometer termasuk jalan-jalan perbatasan, Trans Papua, Kalimantan dan Nusa Tenggara Timur. 
- Panjang jembatan yang dibangun sampai Oktober 2017 telah mencapai 25km.
- Sumatera dan Jawa serta sebagian Kalimantan telah terhubung jalan bebas hambatan dari ujung ke ujung

- Pelabuhan baru Tanjung Priok di Jakarta, Kuala Tanjung di Sumatra Utara, dan Makassar New Port di Sulawesi Selatan, serta pelabuhan-pelabuhan kecil di berbagai pulau. Tahun depan akan dimulai pembangunan pelabuhan di Sorong, Papua.
- Pulau-pulau terpencil di Natuna, Miangas, telah dibangun bandara. Telah dibangun tujuh bandara baru dan membenahi 439 bandara lama.

Perjalanan masih jauh mengingat negara ini sungguh besar dalam arti sebenar-benarnya. Dihuni 255 juta penduduk, membentang di atas lebih 17.000 pulau, terdiri atas 714 suku bangsa yang berbicara dalam lebih 1.100 bahasa.

Di atas keragaman itu, kita tetap hidup dalam harmoni, dipersatukan oleh Pancasila, sebagaimana semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Sumber : Status Facebook Ruly Achdiat Santabrata

Saturday, October 21, 2017 - 18:30
Kategori Rubrik: